KONSEP TEORI DAN STRATEGI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMECAHAN MASALAH PEMBELAJARAN

Drs. H. Ibut Priono Leksono, M.Pd., - and Drs. Agus Purwowidodo, M.Pd., 197204172006041002 (2012) KONSEP TEORI DAN STRATEGI TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM PEMECAHAN MASALAH PEMBELAJARAN. -, - (1). AcimA Publishing, Ngunut Tulungagung. ISBN 978-602-19708-1-2

[img]
Preview
Text
scan Buku Konsep Teori dan Strategi0001.pdf

Download (75MB) | Preview

Abstract

Buku ini mengawalinya dengan apa dan mengapa Konsep dan Strategi Teknologi Pembelajaran, dan dipotret melalui kaidah keilmuaan (berdasar pilar-pilar keilmuan). Konsep dan Teori ditelaah melalui pilar epistemologi atau mempertanyakan bagaimana Konsep dan Teori Teknologi Pembelajaran itu hadir. Kemudian mempertanyakan wujudnya dalam bentuk ranah ontologi, artinya bagaimanakah bentuk atau wujud teori ini dalam aplikasinya kelak. Dan dari sisi kegunaan dan etika, buku ini menunjukkan bagaimana seharusnya mengaplikasikan Teori tersebut. Perkembangan teknologi informasi (TI) telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan TI ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu: (1) dari pelatihan ke penampilan, (2) dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja, (3) dari kertas ke online atau saluran, (4) fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, (5) dari waktu siklus ke waktu nyata. Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail, dan sebagainya. Interaksi antara guru dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka tetapi juga dilakukan dengan menggunakan media-media tersebut. Guru dapat memberikan layanan tanpa harus berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber melalui cyber space atau ruang maya dengan menggunakan komputer atau internet. Hal yang paling mutakhir adalah berkembangnya apa yang disebut cyber teaching atau pengajaran maya, yaitu proses pengajaran yang dilakukan dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin populer saat ini ialah e-learning yaitu satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi komunikasi dan informasi khususnya internet.

Item Type: Book
Subjects: Buku
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Dr. 197204172006041002 AGUS PURWOWIDODO
Date Deposited: 30 Jan 2017 02:39
Last Modified: 30 Jan 2017 02:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4696

Actions (login required)

View Item View Item