irfan saechudin, 2811123112 (2017) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAQ PADA SISWA KELAS VII MTS TARBIYATUL ULUM PANGGUNGASRI BLITAR 2015/2016. [ Skripsi ]
|
Text
2 Cover dalam.pdf Download (585kB) | Preview |
|
|
Text
3 Daftar isi.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (82kB) | Preview |
|
|
Text
4 BAB I.pdf Download (245kB) | Preview |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (289kB) |
||
Text
6 BAB III.pdf Download (482kB) |
||
Text
7 BAB IV.pdf Download (814kB) |
||
Text
8 BAB V.pdf Download (101kB) |
||
|
Text
9 BAB VI.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text
10 DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
11 lampiran.pdf Download (649kB) | Preview |
|
|
Text
12 Lampiran.pdf Download (56kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Irfan Saechudin, NIM 2811123112 Skripsi Yang Berjudul “Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq pada Siswa Kelas VII MTs Tarbiyatul Ulum panggungasri Blitar Tahun 2015/2016” dibimbing oleh Drs.H Asrof Safi’I M,Ag Kata kunci :Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Aqidah Akhlaq Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang merasa bahwa pelajaran Aqidah Akhlaq adalah pelajaran yang kurang penting dan sangat membosankan, sedang di sekolah guru sering terjebak menggunakan metode pengajaran yang mengarah pada metode ceramah atau bercerita saja, padahal metode tersebut mudah mendatangkan kebosanan pada siswa apabila guru yang memberikan materi tersebut tidak dapat menyesuaikan dengan kondisi atau keadaan siswa, jika terjadi kebosanan pada siswa juga akan berpengaruh pada motivasinya untuk belajar maka hal selain itu juga berdampak pada tinggi rendahnya prestasi belajar siswa pada matapelajaran Aqidah Akhlaq . Hal inilah yang kemudian melatar belakangi peneliti untuk mengungkap keberadaan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Aqidah Akhlaq kelas VII. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah berdasarkan hal tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:(1) Adakah hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar intrinsik dengan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq pada siswa kelas VII MTs Tarbiyatul Ulum? (2) Adakah hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar ekstrinsik dengan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq pada siswa kelas VII MTs Tarbiyatul Ulum? (3) Adakah hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik dengan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq pada siswa kelas VII MTs Tarbiyatul Ulum? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar intrinsik dengan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq pada siswa kelas VII MTs Tarbiyatul Ulum, (2) Untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar ekstrinsik dengan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq pada siswa kelas VII MTs Tarbiyatul Ulum, (3) Untuk mengetahui hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik dengan prestasi belajar mata pelajaran Aqidah Akhlaq pada siswa kelas VII MTs Tarbiyatul Ulum. Metode Penelitian: penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan rancangan penelitian korelasi, dan juga termasuk dalam penelitian survei dan penelitian asisiatif/ hubungan. Tehnik pengumpulan data diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Variabel bebas motivasi belajar (motivasi intrinsik dan ekstrinsik) dan variabel terikat prestasi belajar siswa kelas VII bidang studi Aqidah Akhlaq. Skala pengukuran pada penelitian ini menggunakan skala Likert. Teknik analisis data menggunakan prosentase, frekuensi,mean dan product moment. Hasil dari penelitian ini adalah 1. Motivasi belajar intrinsik mempunyai hubungan yang sangat kuat dan positif dengan prestasi belajar siswa Kelas VII Bidang Studi Aqidah Akhlaq di MTs Tarbiyatul Ulum Panggungasri Tahun 2015/2016 sebesar 0,982, harga rh > rt (0,982 > 0,281 = 5%, 0,364 = 1%) hasil tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar intrinsik mempunyai hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar. 2. Motivasi belajar ekstrinsik mempunyai hubungan yang sangat kuat dan positif dengan prestasi belajar siswa Kelas VII Bidang Studi Aqidah Akhlaq di MTs Tarbiyatul Ulum Panggungasri Tahun 2015/2016 sebesar 0,987, harga rh > rt (0,987 > 0,281 = 5%, 0,364 = 1%) hasil tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar ekstrinsik mempunyai hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar. 3. Motivasi belajar mempunyai hubungan yang sangat kuat dan positif dengan prestasi belajar siswa Kelas VII Bidang Studi Aqidah Akhlaq di MTs Tarbiyatul Ulum Panggungasri Tahun 2015/2016 sebesar 0,990. Harga Fh > Ft (1132,78 > 3,20 = 5%; 5,09 = 1%) hasil tersebut menunjukkan bahwa motivasi belajar mempunyai hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S.Pd 2811123112 irfan saechudin |
Date Deposited: | 26 Jan 2017 08:22 |
Last Modified: | 26 Jan 2017 08:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4698 |
Actions (login required)
View Item |