DEWI ZAHROTUL INAYAH, 3211113055 (2017) KORELASI ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMPN 1 NGUNUT TAHUN 2014/2015. [ Skripsi ]
|
Text
bagian awal.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
1.BAB I.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
2.BAB II.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
3.BAB III.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text
4.BAB IV.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB V.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB VI.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
daftar rujukan.pdf Download (149kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Korelasi antara Tingkat Pendidikan Formal Orang Tua dengan Prestasi Belajar Kelas VIII Mata Pelajaran PAI di SMPN 1 Ngunut Tahun 2014/2015” ini ditulis oleh Dewi Zahrotul Inayah, NIM. 3211113055, pembimbing Dr. Ali Rohmad, M.A, Kata Kunci : Tingkat Pendidikan Formal Orang Tua, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa keluarga merupakan pendidikan utama dan pertama perkembangan pendidikan anak dalam berkehidupan. Latar belakang pendidikan formal orang tua siswa untuk membimbing dan mengajarkan anaknya tentang pendidikan tentunya pada akhirnya dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PAI di sekolah.Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah tingkat pendidikan formal orang tua siswa yang dimulai dari jenjang SD/MI sampai dengan jenjang Perguruan Tinggi. dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMPN 1 Ngunut Kabupaten Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana deskripsi dari tingkat pendidikan formal ibu siswa, tingkat pendidikan formal ayah siswa dan prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMPN 1 Ngunut? (2) Adakah korelasi yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan formal ibu dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMPN 1 Ngunut? (3) Adakah korelasi yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan formal ayah dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMPN 1 Ngunut? (4) Adakah korelasi yang positif dan signifikan antara tingkat pendidikan formal orang tua dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran PAI di SMPN 1 Ngunut? Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tahun 2014/2015 sebanyak 420 siswa.Peneliti mengambil sampel sebanyak 1 0 % dari populasi sehingga didapat sampel sebanyak 42 siswa.Dalam penelitian ini digunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis descriptive statistic, product moment correlation, dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan hasil pada tabel 4.2, tingkat pendidikan formal ibu, tingkat pendidikan formal ayah dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI berdistribusi normal. Yang artinya nilai skewness dan kurtosis masing – masing mendekati nol. Dan ini sesuai dengan hasil penelitian yang mana setelah dilakukan penyebaran angket di kelas VIII secara acak . Hasilnya tingkat pendidikan formal ibu syang menyelesaiakan pendidikan terakhirnya di pergururuan tinggi sebanyak 7 responden. Sedangkan yang menyelesaikan ditingkat SMA sederajat sebanyak 26 responden. Sedangkan yang menyelesaikan di tingkat SMP sederajat sebanyak 9 responden. Dan untuk tingkat sekolah dasar sebanyak 1 responden. Nilai ini juga hampir sama dengan hasil tingkat pendidikan formal ayah. Dengan hasil yang menyelesaikan pendidikannya di perguruan tinggi sebanyak 6 responden. Untuk SMA sederajat sebanyak 12 responden. Sedangkan yang menyelesaikan pada tingkat SMP sederajat sebanyak 11 responden. Dan untuk tingkat sekolah dasar sebanyak 1
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 3211113055 Dewi Zahrotul Inayah |
Date Deposited: | 31 Jan 2017 07:29 |
Last Modified: | 31 Jan 2017 07:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4700 |
Actions (login required)
View Item |