UPAYA PEMENUHAN HAK ANAK DALAM MENEKAN PERNIKAHAN DINI MELALUI PENDEKATAN SOSIAL BUDAYA (Studi Kasus Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Pacitan)

ARINAL HIKMAH SALSABILA, 126102201027 (2024) UPAYA PEMENUHAN HAK ANAK DALAM MENEKAN PERNIKAHAN DINI MELALUI PENDEKATAN SOSIAL BUDAYA (Studi Kasus Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Pacitan). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (201kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Arinal Hikmah Salsabila, NIM. 126102201027 Upaya Pemenuhan Hak Anak Dalam Menekan Pernikahan Dini Melalui Pendekatan Sosial Budaya (Studi Kasus Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kabupaten Pacitan), Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing: Muhammad Mufti Al Anam, M.H.I. Kata Kunci: pecegahan, pernikahan dini, Dinas PPKBPPPA. Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kasus pernikahan dini yang cukup tinggi di Kabupaten Pacitan. Persoalan tersebut disebabkan oleh faktor sosial budaya masyarakatnya. Dinas PPKBPPPA Pacitan menerapkan program pemenuhan hak anak melalui strategi pendekatan sosial budaya untuk mengatasi tingginya angka pernikahan dini. Oleh karena itu perlunya dilakukan kajian secara mendalam untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program pemenuhan hak anak melalui strategi pendekatan sosial budaya yang diterapkan Dinas PPKBPPPA Pacitan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan program pemenuhan hak anak yang diterapkan Dinas PPKBPPPA Pacitan untuk menekan angka pernikahan dini yang tinggi?. 2) Bagaimana strategi pendekatan sosial budaya yang diterapkan Dinas PPKBPPPA Pacitan terhadap masyarakat guna keberhasilan program yang direncanakan?. 3) Bagaiman tinjauan hukum islam tehadap pemenuhan hak anak yang diterapkan Dinas PPKBPPPA Pacitan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pemenuhan hak anak Dinas PPKBPPPA Pacitan dalam menekan angka pernikahan dini, 2) Untuk mengetahui strategi pendekatan sosial budaya yang diterapkan Dinas PPKBPPPA Pacitan terhadap masyarakat. 3) Untuk mengetahui tinjauan hukum islam terhadap program pemenuhan hak anak yang diterapkan Dinas PPKBPPPA Pacitan. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif secara deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menerapkan tiga proses yaitu: proses reduksi data, proses penyajian data, dan proses penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan peneliti, memperoleh hasil sebagai berikut: 1) Upaya pemenuhan hak anak Dinas PPKBPPPA Pacitan untuk menekan angka pernikahan dini, melalui beberapa program, yaitu: Suling Sapa, GEBER PPPA, MOU dengan Pengadilan Agama Pacitan, Forum Anak, dan PIK-R. 2) Strategi pendekatan sosial budaya yang diterapkan Dinas PPKBPPPA Pacitan adalah melakukan pendekatan secara intens terhadap tokoh masyarakat setempat. 3) Tinjauan pemenuhan hak anak Dinas PPKBPPPA sejalan dengan hak-hak anak dalam hukum islam dan adanya kesesuaian pedoman usia kedewasaan anak yaitu 19 tahun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 126102201027 ARINAL HIKMAH SALSABILA
Date Deposited: 12 Jun 2024 02:35
Last Modified: 12 Jun 2024 02:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47027

Actions (login required)

View Item View Item