PENETAPAN HARGA SEWA TEMPAT USAHA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2008 TENTANG USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Plosokandang Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung)

FADILLA MEYLA SHAFIRA, 126101203203 (2024) PENETAPAN HARGA SEWA TEMPAT USAHA DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2008 TENTANG USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Plosokandang Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (601kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (439kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)

Abstract

Fadilla Meyla S, 126101203203, Penetapan Harga Sewa Tempat Usaha di Lingkungan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung ditinjau dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dan Hukum Ekonomi Islam, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing: Dr. Kutbuddin Aibak S.Ag.,M.H.I. Kata Kunci: Penetapan Harga, Sewa-menyewa, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang UMKM, Hukum Ekonomi Islam Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya persoalan dalam penetapan harga sewa tempat usaha yang mengalami perubahan harga di tengah-tengah berlangsungnya sewa-menyewa. Dimana hal tersebut membuat penyewa kecewa namun penyewa tetap melanjutkan transaksi sewa-menyewa dengan alasan penjualan terus meningkat dan letaknya strategis, Sehingga dalam hal tersebut bisa dikatakan perubahan harga yang dilakukan secara paksa dan sepihak. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penetapan harga sewa tempat usaha di lingkungan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung?, 2) Bagaimana injauan undang-undang nomor 20 tahun 2008 tentang usaha mikro, kecil dan menengah terhadap penetapan harga sewa tempat usaha di lingkungan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung?, 3) Bagaimana tinjauan hukum ekonomi islam terhadap penetapan harga sewa tempat usaha di lingkungan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan penetapan harga sewa tempat usaha fi lingkungan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. 2) Menganalisis tinjauan hukum islam terhadap penetapan harga sewa tempat usaha berdasarkan undang-undang nomor 20 tentang usaha mikro, kecil dan menengah. 3) Menganalisis penetapan harga sewa tempat usaha berdasarkan hukum ekonomi islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Selain itu teknik analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penetapan harga sewa tempat usaha hampir setiap tahunnya mengalami penaikkan harga sewa. 2) Penetapan harga sewa ditetapkan diawal perjanjian kontrak sewa. Dan dari segi hukum positifnya yaitu undang-undang nomor tahun 2008 pemilik tempat usaha dan penyewa sudah melakukan proses tawar-menawar berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. 3) Dari hukum ekonomi islam penetapan harga sewa tempat usaha yang terjadi di lingkungan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung belum sesuai dengan hukum ekonomi Islam, karena hal tersebut melanggar salah satu syarat sah ijarah harus ada kerelaan dari kedua belah pihak yang berakad.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Hukum > Undang-undang
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101203203 FADILLA MEYLA SHAFIRA
Date Deposited: 12 Jun 2024 07:59
Last Modified: 12 Jun 2024 07:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47040

Actions (login required)

View Item View Item