PENYEMBELIHAN AYAM DI KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG DITINJAU DARI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 39 TAHUN 2021 TENTANG PENYELENGGARAAN BIDANG JAMINAN PRODUK HALAL (Studi Kasus 5 Rumah Potong Hewan di Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung)

A’YUNIN NURIL AMI, 126101201068 (2024) PENYEMBELIHAN AYAM DI KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG DITINJAU DARI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 39 TAHUN 2021 TENTANG PENYELENGGARAAN BIDANG JAMINAN PRODUK HALAL (Studi Kasus 5 Rumah Potong Hewan di Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (810kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (352kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

A’yunin Nuril Ami, 126101201068, Penyembelihan Ayam di Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung Ditinjau Dari Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal (Studi Kasus 5 Rumah Potong Hewan di Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung), Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing: Septi Wulan Sari, S.Sy, M.H. Kata Kunci: Penyembelihan Ayam, Rumah Potong, Halal Penelitian skripsi ini di latarbelakangi dengan adanya rumah potong ayam yang ada di Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung yang mana proses penyembelihannya masih menggunakan cara tradisional dengan memakai tangan dan pisau yang tajam tanpa menggunakan mesin untuk membantu penyembelihan, hanya saja pencabutan bulu ayam menggunakan mesin. Serta ada beberapa tempat rumah potong ayam yang tidak memisahkan proses penyembelihan, pengeluaran jeroan, pemotongan karkas dan pencucian ayamnya karena daging dapat terkontaminasi najis dan kotoran yang masih menempel serta tidak menjaga kebersihan tempatnya. Sehingga peneliti ingin melihat apakah proses penyembelihan ayam di Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung telah sesuai dengan syariat Islam atau tidak. Rumusan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana praktik penyembelihan ayam di Rumah Potong Hewan Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung? 2) Bagaimana praktik penyembelihan ayam di Rumah Potong Hewan Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung ditinjau dari Peraturan Pemerintah No 39 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Halal? Metode penelitian yang digunakan peneliti kualitatif dan jenis penelitian empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Sedangkan teknik pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi dan perpanjangan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Praktik penyembelihan ayam di rumah potong hewan Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung sudah sesuai dengan syariat Islam. 2) Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal dari 5 tempat yang telah memenuhi persyaratan ada 4 tempat rumah potong ayam. Akan tetapi ada satu tempat rumah potong ayam yang tidak memenuhi persyaratan berdasarkan hasil penelitian bahwa rumah potong ayam tersebut belum memenuhi persyaratan serta belum dapat dijamin kehalalannya karena tidak sesuai dengan pasal 6 dan 8 Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 2021 karena rumah potong ayam tersebut tempat proses penyembelihannya sampai pengolahannya masih dijadikan satu sehingga dapat menimbulkan kontaminasi najis maupun kotoran yang menempel pada daging serta tempatnya yang kurang menjaga kebersihan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101201068 A'YUNIN NURIL AMI
Date Deposited: 13 Jun 2024 08:21
Last Modified: 13 Jun 2024 08:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47083

Actions (login required)

View Item View Item