METODE GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMPN 1 NGUNUT TAHUN 2015/ 2016

FAHIDA SANI, 2811123085 (2017) METODE GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMPN 1 NGUNUT TAHUN 2015/ 2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fahida Sani, NIM. 2811123085, “Metode Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Pembinaan Karakter Religius Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di SMPN 1 Ngunut Tahun 2015/2016”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2016, Dosen Pembimbing: Dr. Muhammad Jazeri, M.Pd., NIP: 19691204 200501 1 005. Kata Kunci: Metode Guru Pendidikan Agama Islam (PAI), Pembinaan Karakter Religius Siswa. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa Pendidikan Agama Islam (PAI) di sekolah dianggap kurang berhasil dalam menggarap sikap dan perilaku keberagamaan peserta didik serta membangun moral dan etika bangsa. Kurang berhasilnya pembelajaran pendidikan agama Islam tersebut disebabkan karena terbatasnya jam pelajaran agama Islam dan lebih banyak pada penyampaian materi, sehingga nilai-nilai religius yang diajarkan akan sulit menyatu pada jiwa peserta didik. Oleh karena itu, untuk mewujudkan agar peserta didik memahami moral dan etika yang lebih baik, guru Agama berupaya menumbuhkan nilai-nilai religius melalui pengembangan materi pendidikan agama Islam dan berbagai kegiatan keagamaan di sekolah. Fokus Penelitian dalam penelitian ini antara lain: 1. Bagaimana metode guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembinaan karakter religius siswa di SMPN 1 Ngunut? 2. Bagaimana efektivitas metode guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembinaan karakter religius siswa di SMPN 1 Ngunut? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1. Untuk mendiskripsikan metode guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembinaan karakter religius siswa di SMPN 1 Ngunut, dan 2. Untuk mendiskripsikan efektivitas metode guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembinaan karakter religius siswa di SMPN 1 Ngunut. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini dengan menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research). Lokasi Penelitian di SMPN 1 Ngunut. Kehadiran Peneliti pada tanggal 10 Februari 2016 sampai 15 Februari 2016. Sumber data penelitian ini kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian akademik, guru PAI, siswa, peristiwa, dokumen, lingkungan fisik dan sosial sekolah. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Prosedur analisis data dengan menggunakan teori Milles dan Huberman model diskriptif interaktif yaitu: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing/verification). Pengecekan keabsahan temuan: presistent observation (ketekunan pengamatan) dan triangulasi sumber. Hasil penelitian: 1. Metode guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam pembinaan karakter religius siswa di SMPN 1 Ngunut terbagi menjadi 2 bagian, yaitu metode guru dalam menyampaikan pembelajaran PAI di kelas, dan metode guru yang dikaitkan dengan kegiatan, melalui pembiasaan kegiatan keagamaan. 2. Efektivitas metode yang digunakan oleh guru PAI sudah berjalan dengan efektiv. Karakter siswa pada umumnya baik. Mereka memberi salam kepada guru saat bertemu, saat di luar pelajaran PAI, ketika jam bel istirahat sebagian siswa melaksanakan shalat dhuha di masjid. Lingkungan sekolah bersih karena mereka membuang sampah pada tempatnya. Peneliti juga melihat sikap saling menghargai dan tolong menolong. Karakter religius sudah mulai tertanam pada diri siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123085 FAHIDA SANI
Date Deposited: 30 Jan 2017 08:23
Last Modified: 30 Jan 2017 08:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4714

Actions (login required)

View Item View Item