PERANAN PERPUTARAN PERSEDIAAN DALAM MEMODERASI PENGARUH PENJUALAN BERSIH DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP LABA BERSIH (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

SYARAH NORMANING TIYAS, 126403202092 (2024) PERANAN PERPUTARAN PERSEDIAAN DALAM MEMODERASI PENGARUH PENJUALAN BERSIH DAN BIAYA OPERASIONAL TERHADAP LABA BERSIH (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Peranan Perputaran Persediaan dalam Memoderasi Pengaruh Penjualan Bersih dan Biaya Operasional terhadap Lab Bersih (Studi Kasus pada Perusahaan Sub Sektor Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)” ini ditulis oleh Syarah Normaning Tiyas, NIM. 126403202092, Pembimbing Dr. Lantip Susilowati, S.Pd., M.M. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya kenaikan dan penurunan nilai laba bersih yang tidak stabil selama tahun 2019-2022 pada perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dipengaruhi oleh besarnya penjualan bersih dan biaya operasional serta perputaran persediaan yang memoderasinya dalam periode tertentu. Penelitian ini bertujuan 1) untuk menguji pengaruh penjualan bersih dan biaya operasional terhadap laba bersih pada perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. 2) untuk menguji pengaruh penjualan bersih terhadap laba bersih pada perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. 3) untuk menguji pengaruh biaya operasional terhadap laba bersih pada perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. 4) untuk menguji pengaruh perputaran persediaan memoderasi hubungan penjualan bersih terhadap laba bersih pada perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. 5) untuk menguji pengaruh perputaran persediaan memoderasi hubungan biaya operasional terhadap laba bersih pada perusahaan sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis deskriptif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari web perusahaan dan web Bursa Efek Indonesia berupa laporan keuangan tahunan yang telah diaudit periode 2019-2022. Data dioah menggunakan E-Views 12 dengan metode uji analisis regresi data panel. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa 1) Penjualan bersih dan biaya operasional secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap laba bersih. 2) Penjualan bersih berpengaruh positif signifikan terhadap laba bersih. 3) Biaya operasional berpengaruh negatif signifikan terhadap laba bersih. 4) Penjualan bersih terhadap laba bersih yang dimoderasi oleh perputaran persediaan memiliki hubungan positif tidak signifikan. 5) Biaya operasional terhadap laba bersih yang dimoderasi oleh perputaran persediaan memiliki hubungan positif tidak signifikan. Kata Kunci: Biaya Operasional, Laba Bersih. Penjualan Bersih, Perputaran Persediaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Ekonomi > Bursa Efek
Ekonomi > Sosial Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 126403202092 SYARAH NORMANING TIYAS
Date Deposited: 19 Jun 2024 07:25
Last Modified: 19 Jun 2024 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47186

Actions (login required)

View Item View Item