PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH CS3 PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII C MTS NEGERI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

Leny Kartika Mulyaningtias, 2814123104 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH CS3 PADA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII C MTS NEGERI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (485kB)
[img] Text
BAB I_PENDAHULUAN.pdf

Download (333kB)
[img]
Preview
Text
BAB II_KAJIAN TEORI.pdf

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III_METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV_HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V_KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (246kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kartika M, Leny, 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash CS3 pada Pelajaran Matematika di Kelas VIII C MTS Negeri Tulungagung.” Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing,: Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Adobe Flash CS3, Pendekatan Kooperatif. Usaha pemerintah untuk mencapai tujuan pendidikan nasional antara lain melalui perbaikan kurikulum sekolah, menambah jumlah mengajar sesuai dengan bidang studinya dan memperbaiki metode atau teknik pengajaran dalam proses belajar mengajar demi keberhasilan dan tercapainya suatu pendidikan. Begitupun dengan teknologi pendidikan dan ilmu pengetahuan semakin berkembang sangat pesat. Diantaranya yaitu media pembelajaran dengan menggunakan berbagai media (multimedia), salah satunya media komputer dengan memanfaatkan suatu software atau perangkat lunak. Adobe Flash CS3 merupakan software yang tepat untuk membuat berbagai bentuk sajian visual yang dapat mengintepretasikan berbagai media, seperti video, animasi, gambar dan suara yang akan menghasilkan proses kognitif yang maksimal. Salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan dan mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar karena peserta didik di tuntut untuk bertanggung jawab pada proses belajarnya, terlibat aktif, berpikir kritis, serta memiliki usaha yang besar untuk berprestasi sesuai dengan prinsip proses pembelajaran kooperatif. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana langkah-langkah pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS3 pada pelajaran matematika materi bangun ruang kubus kubus di kelas VIII MTS N Tulungagung yang mudah dipahami oleh peserta didik? 2) Bagaimana kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan produk pengembangan media pembelajaran dengan Adobe Flash CS3 pada pelajaran matematika materi bangun ruang kubus di kelas VIII MTS N Tulungagung berdasarkan ahli media, ahli materi dan peserta didik? Penelitian ini termasuk dalam penelitian dari model pengembangan Dick & Carey telah dimodifikasi menjadi model 4-D dirangkum dalam 3 tahap yaitu 1) Tahap Define (Pendefinisian), Tahap Design (Perancangan), dan Tahap Develop (Pengembangan). Subjek penelitian adalah dosen, guru, dan siswa kelas VIII C MTS Negeri Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, angket dan lembar observasi. Produk media pembelajaran yang telah dikembangkan sudah dinilai dan divalidasi oleh 2 ahli materi pembelajaran dan 2 ahli media pembelajaran. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini yaitu dari ahli materi I dan II diperoleh Produk valid dengan presentase validasi sebesar 90% dari ahli materi dan ahli media dengan kriteria validasi “sangat valid, tidak perlu direvisi”. Produk praktis dengan memenuhi syarat yaitu pertama, produk memiliki kriteria layak digunakan tanpa revisi yang dinyatakan oleh ahli materi dan ahli media. Kedua, presentase jawaban benar siswa yang diperoleh sebesar 87% mendapatkan kriteria kepraktisan “Dapat digunakan dengan tanpa revisi. Ketiga, pengamatan pertanyaan siswa yang diperoleh hasil rata-rata presentase sebesar 7% maka memiliki krteria “Dapat digunakan dengan tanpa revisi”. Produk efektif dengan memenuhi hasil analsisis diperoleh 86% siswa tuntas pada tes belajar atau dapat dikatakan lebih dari 80% siswa tuntas. Kedua, respon positif siswa dengan hasil analisis diperoleh presentase 77% dari respon keseluruhan siswa dengan kriteria keefektifan “Positif”. Ketiga, keterlaksanaan sintaks pembelajaram yaitu 79% dengan kriteria Baik. Hasil dari penelitian tersebut dapat diajukan beberapa saran, yaitu: 1) Bagi guru senantiasa meningkatkan kualitas pembelajaran dengan melakukan renovasi pembelajaran menggunakan media diantaranya menggunakan komputer. 2) Siswa seharusnya meningkatkan semangat dan motivasi belajar serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi demi tercapainya hasil belajar yang maksimal. 3) Bagi peneliti lain agar dapat mengembangkan produk lain yang berkaitan dengan media pembelajaran terutama komputer sehingga pengembangan lebih kreatif dan muncul produk-produk baru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Leny 2814123104 Kartika
Date Deposited: 31 Jan 2017 06:12
Last Modified: 31 Jan 2017 06:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4723

Actions (login required)

View Item View Item