IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BLITAR NOMOR 1 TAHUN 2019 TERHADAP KEPATUHAN PENGGUNA ROKOK (Studi Kasus di Taman Kebon Rojo Kota Blitar)

M. RIF'AT SYAFI'UNNIZAR, 126103203251 (2024) IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KOTA BLITAR NOMOR 1 TAHUN 2019 TERHADAP KEPATUHAN PENGGUNA ROKOK (Studi Kasus di Taman Kebon Rojo Kota Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (484kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (603kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (305kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)

Abstract

M. Rif’at Syafi’unNizar, NIM. 126103203251, Implementasi Peraturan Daerah Kota Blitar Nomor 1 Tahun 2019 Terhadap Kepatuhan Pengguna Rokok (Studi kasus di Taman Kebon Rojo Kota Blitar), Program Studi Hukum Tata Negara, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing: Ahmadi Abdus Shomad Faiz N., S.H.I, M.H. Kata Kunci: Implementasi, Kawasan Tanpa Rokok, Kepatuhan Pengguna Rokok. Penelitian ini dilatarbelakangi ditemukannya perokok aktif di kawasan tanpa rokok Taman Kebon Rojo Kota Blitar yang mana merupakan taman ramah anak dan harus bebas dari asap rokok. Kawasan tanpa rokok merupakan hal yang harus dilakukan dengan maksimal karena menimbang manfaatnya yang penting bagi kesehatan dan bahayanya asap rokok terutama bagi bayi, anak-anak, ibu hamil dan menyusui. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi peraturan daerah Kota Blitar nomor 1 tahun 2019 terhadap kepatuhan pengguna rokok, 2) Bagaimana hambatan dalam implementasi peraturan daerah Kota Blitar nomor 1 tahun 2019 terhadap kepatuhan pengguna rokok, 3) Bagaimana implementasi peraturan daerah Kota Blitar nomor 1 tahun 2019 terhadap kepatuhan pengguna rokok berdasarkan perspektif syariah islam?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi peraturan daerah Kota Blitar nomor 1 tahun 2019 terhadap kepatuhan pengguna rokok, 2) Untuk mengetahui hambatan dalam implementasi peraturan daerah Kota Blitar nomor 1 tahun 2019 terhadap kepatuhan pengguna rokok, 3) Untuk mengetahui implementasi peraturan daerah Kota Blitar nomor 1 tahun 2019 terhadap kepatuhan pengguna rokok berdasarkan perspektif syariah islam. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi peraturan kawasan tanpa rokok di taman kebon rojo Kota Blitar dari hasil pengamatan peneliti selama sebulan terakhir tingkat perokok aktif lebih sedikit daripada perokok pasif, namun tidak dipungkiri masih ditemukannya segelintir masyarakat yang masih merokok dikawasan tanpa rokok dan yang paling mengecewakan lagi perokok aktif tersebut kebanyakan dari orang dalam,seperti penyewa tempat PKL. 2) Hambatan yang paling utama berasal dari masyarakat yang dinilai memiliki kualitas kepatuhan yang rendah, formulasi kebijakannya belum diterapkan secara menyeluruh, sumber daya manusia dan non-manusianya kurang, dan terakhir belum terbentuknya struktural organisasi yang jelas. 3) Kawasan tanpa rokok bertujuan untuk memberikan kemaslahatan meskipun tidak secara tegas diperintahkan oleh syara’ sehingga termasuk dalam maslahah mursalah. Berdasarkan hal tersebut, masyarakat diharuskan untuk mematuhi dan menjalankan peraturan terkait kawasan tanpa rokok ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Hukum > Perlindungan Hukum
Hukum > Undang-undang
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 126103203251 M. RIF'AT SYAFI'UNNIZAR
Date Deposited: 26 Jun 2024 06:38
Last Modified: 26 Jun 2024 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47251

Actions (login required)

View Item View Item