PENGELOLAAN DANA UNTUK PROGRAM MANDIRI ENTERPRENEUR CENTER DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO. 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT DAN FIKIH MUAMALAH (Studi Kasus di Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Yatim Mandiri Cabang Tulungagung)

LENNY DIAH RAHMAWATI, 126101203183 (2024) PENGELOLAAN DANA UNTUK PROGRAM MANDIRI ENTERPRENEUR CENTER DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NO. 23 TAHUN 2011 TENTANG PENGELOLAAN ZAKAT DAN FIKIH MUAMALAH (Studi Kasus di Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Yatim Mandiri Cabang Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (283kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (329kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Lenny Diah Rahmawati, 126101203183, Pengelolaan Dana Zakat Untuk Program Mandiri Enterpreneur Center (MEC) Ditinjau Dari Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat dan Fikih Muamalah (Studi Kasus di Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqoh Yatim Mandiri Cabang Tulungagung, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Arifah Millati Agustina, M.H.I. Kata Kunci: Dana Zakat, Beasiswa Pendidikan, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pendidikan kewirausahaan berbasis beasiswa dalam Program Mandiri Enterpreneur Center (MEC) melalui danazakat yang dikelola oleh Lembaga Amil Zakat Yatim Mandiri Tulungagung. Banyak masyarakat yang belum mengetahui adanya beasiswa program MEC. Karena masih banyak dari mereka beranggapan bahwasannya dana zakat hanya diberikan dalam bentuk barang atau uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kenyataannya dana zakat tidak hanya disalurkan untuk kebutuhan hidup bagi penerima, namun juga dapat memberikan progres perekonomian yang dapat mengubah dan jauh lebih memenuhi kebutuhan dalam hidup sehari-hari. Fokus penelitian tentang beasiswa pada program MEC yang dikelola oleh Lembaga Yatim Mandiri Tulungagung dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pengelolaan dana zakat untuk meningkatkan kegiatan perekonomian melalui program Mandiri Enterpreneur Center (MEC) di LAZIS Yatim Mandiri cabang Tulungagung ?. 2) Bagaimana penerapan program Mandiri Enterpreneur Center (MEC) jika ditinjau berdasarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 dan Fikih Muamalah?. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode kualitatif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dana zakat yang dikelola oleh Lembaga Yatim Mandiri Tulungagung dalam Program MEC merupakan bentuk beasiswa pendidikan yang di khususkan bagi anak yatim piatu kurang mampu, sehingga dapat digunakan untuk melatih skill siswa agar dapat bermanfaat dalam memasuki dunia pekerjaan nantinya. 2) Program MEC yang dinaungi oleh Lembaga Yatim Mandiri Tulungagung telah sesuai dengan Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat dan fikih muamalah. Karena dalam penerapannya tidak hanya difokuskan pada pendidikan akademik, namun juga diajarkan ilmu keagamaan yang sesuai dengan pasal 2. Disisi lain yang menjadi sorotan utama dari program ini, yaitu adanya praktek kewirausahaan sesuai dengan pasal 3 yang diajarkan secara langsung dengan sistem door to door.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Ekonomi Islam
Agama > Zakat
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101203183 LENNY DIAH RAHMAWATI
Date Deposited: 21 Jun 2024 07:16
Last Modified: 21 Jun 2024 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47378

Actions (login required)

View Item View Item