PERAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKSUAL SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PERNIKAHAN DINI PERSPEKTIF SOSIOLOGI KELUARGA DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Ngadirenggo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek)

SEKAR ARUM RATNANINGTYAS, 126102202232 (2024) PERAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKSUAL SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PERNIKAHAN DINI PERSPEKTIF SOSIOLOGI KELUARGA DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Desa Ngadirenggo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (393kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (700kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (504kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci : Orang tua, Pendidikan seksual, Pernikahan Dini, Sosiologi keluarga, dan Hukum Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pergaulan remaja baik laki-laki dan perempuan sudah mengkhawatirkan. Hal ini dibuktikan dengan banyak dijumpai pasangan kekasih yang belum mahramnya berduaan dan bermesraan pinggir jalan, angkutan umum, dan warung makan. Bahkan, pergaulan remaja ini juga sudah diberitakan melalui media sosial dan televisi. Sehingga, dalam hal ini sangat diperlukan peran orang tua terutama dalam edukasi tentang pendidikan seksual. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana peran orang tua dalam memberikan pendidikan seksual sebagai upaya pencegahan pernikahan dini di Desa Ngadirenggo Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek?, 2) Bagaimana peran orang tua dalam memberikan pendidikan seksual sebagai upaya pencegahan pernikahan dini perspektif sosiologi keluarga?, 3) Bagaimana peran orang tua dalam memberikan pendidikan seksual sebagai upaya pencegahan pernikahan dini perspektif hukum Islam? Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris. Penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran orang tua dalam memberikan pendidikan seksual sebagai upaya pencegahan pernikahan dini di Desa Ngadirenggo sudah aktif dilakukan dan edukasi ini sudah dilakukan, berbentuk larangan mengumbar aurat, larangan pacaran, membatasi pergaulan antara laki-laki dan perempuan yang belum mahramnya, memisahkan tempat tidur orang tua dan anak, serta mereka mengajarkan anak untuk meminta ijin saat akan memasuki kamar orang tuanya. Bahkan, peran dalam memberikan pendidikan seksual ini sudah dilakukan secara turun temurun di keluarga mereka. 2) Peran orang tua dalam memberikan pendidikan seksual sebagai upaya pencegahan pernikahan dini di Desa Ngadirenggo telah menerapkan teori sosiologi keluarga Talcott Parsons, yaitu Adaptation, Goal Attainment, Integration, dan Latency. 3) Peran orang tua dalam memberikan pendidikan seksual di Desa Ngadirenggo dinilai sesuai dan sejalan dengan konsep hadanah, seperti orang tua mengajarkan anak tentang perubahan fisik dan psikologis yang terjadi selama pubertas dengan cara yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Orang tua juga memberikan informasi tentang pentingnya menjaga aurat, membatasi pergaulan antara laki-laki dan perempuan yang belum mahramnya, mengajarkan anak untuk meminta ijin saat memasuki kamar orang tuanya, serta orang tua juga mengajarkan anak tentang pentingnya menjaga kesucian diri dan menunda pernikahan hingga waktu yang tepat menurut ajaran Islam. Hal ini bertujuan untuk memberikan perlindungan atau pengasuhan yang optimal sesuai dengan perkembangan psikologis dan kebutuhan sosial ekonomi anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 126102202232 SEKAR ARUM RATNANINGTYAS
Date Deposited: 25 Jun 2024 06:54
Last Modified: 25 Jun 2024 06:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47460

Actions (login required)

View Item View Item