IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA KEDIRI NOMOR 57 TAHUN 2022 TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS SOSIAL, LINGKUNGAN DAN EKONOMI DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH DUSTURIYAH (Studi Kasus di Kota Kediri)

LA'LAK KHOTIMATUL KHUSNA, 126103202140 (2024) IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA KEDIRI NOMOR 57 TAHUN 2022 TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS SOSIAL, LINGKUNGAN DAN EKONOMI DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH DUSTURIYAH (Studi Kasus di Kota Kediri). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (660kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (171kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (321kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

La’lak Khotimatul Khusna, 126103202140, “Implementasi Peraturan Walikota Kediri Nomor 57 Tahun 2022 Terhadap Peningkatan Kualitas Sosial, Lingkungan dan Ekonomi Dalam Perspektif Fiqh Siyasah Dusturiyah (Studi Kasus di Kota Kediri)” Program Studi Hukum Tata Negara, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing, Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I.,Kata kunci: Implementasi, Peraturan Walikota Kediri Nomor 57 Tahun 2022, Fiqh Siyasah Dusturiyah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permukiman kumuh merupakan permasalahan yang kompleks dan multidimensi yang dihadapi oleh banyak kota di Indonesia, termasuk Kota Kediri. Kondisi permukiman kumuh dapat berdampak negatif pada kualitas hidup masyarakat, seperti tantangan sosial, masalah lingkungan, dan kesejahteraan ekonomi. Dengan adanya peraturan ini, diharapkan terdapat perubahan positif dalam kondisi permukiman kumuh. Adapun fokus dalam penelitian yang dilaksanakan peneliti adalah 1) Bagaimana implementasi Peraturan Walikota Kediri Nomor 57 Tahun 2022 terhadap peningkatan kualitas sosial, lingkungan dan ekonomi? 2) Bagaimana tinjauan fiqh siyasah dusturiyah terhadap implementasi Peraturan Walikota Kediri Nomor 57 Tahun 2022 tentang rencana pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh?. Adapun yang menjadi tujuan peneliti dalam penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis implementasi Peraturan Walikota Kediri Nomor 57 Tahun 2022 terhadap peningkatan kualitas sosial, lingkungan dan ekonomi. 2) Untuk menganalisis tinjauan fiqh siyasah dusturiyah tentang rencana pencegahan dan peningkatan kualitas permukiman kumuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif, menggunakan teknik accidental sampling dengan berlandas rumus lemeshow mengambil 68 responden sebagai sampel untuk menilai peningkatan kualitas pada permukiman kumuh di kota kediri. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan skala likert kemudian dianalisis dengan menggunakan uji validitas dan uji realibitas serta dianalisis dengan teknik stastistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Implementasi peraturan walikota kediri Nomor 57 tahun 2022 terhadap peningkatan kualitas sosial, lingkungan dan ekonomi telah menunjukkan hasil yang positif dan telah sesuai dengan teori George Edward III. Peningkatan kualitas sosial yang terbagi dari kesehatan, pendidikan, fasilitas publik dan partisipasi masyarakat menunjukkan hasil positif atau baik. Peningkatan kualitas lingkungan sudah baik tetapi perlu ditingkatkan supaya mendapat hasil yang lebih maksimal dan peningkatan kualitas ekonomi menunjukkan hasil positif atau baik. 2) Berdasarkan fiqh siyasah dusturiyah dinilai sudah sesuai dengan prinsip-prinsip hukum islam yang mendorong terwujudnya kesejahteraan sosial, lingkungan dan ekonomi bagi seluruh lapisan masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Hukum > Undang-undang
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 126103202140 LA'LAK KHOTIMATUL KHUSNA
Date Deposited: 04 Jul 2024 02:43
Last Modified: 04 Jul 2024 02:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47582

Actions (login required)

View Item View Item