PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI IKATAN KIMIA

RIZKA NUR KHOIROTUN NIKMAH, 126212201036 (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI IKATAN KIMIA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (11MB)
[img] Text
BAB ll.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
BAB lll.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
BAB lV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Discovery Learning Pada Materi Ikatan Kimia” tersebut telah ditulis oleh Rizka Nur Khoirotun Nikmah, NIM 126212201036, Dosen Pembimbing Ifah Silfianah, M.Pd. Kata Kunci : Multimedia Interaktif, Discovery learning, Ikatan Kimia Kimia termasuk ilmu sains yang identik dengan berbagai konsep abstrak karena mengandung konsep makroskopik dan submikroskopik, sehingga dianggap sebagai materi yang sulit untuk dipelajari. Salah satu materi yang memiliki banyak konsep abstrak adalah materi ikatan kimia. Oleh sebab itu, permasalahan yang dialami peserta didik salah satunya yaitu kesulitan belajar dan keterbatasan media pembelajaran. Selain permasalahan tersebut, media yang digunakan pada proses pembelajaran tidak dapat menarik perhatian peserta didik untuk mempelajari materi ikatan kimia, karena dalam proses pembelajaran sumber yang digunakan hanya berupa buku paket. Penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis discovery learning berbantuan android dapat dijadikan sebagai media alternatif untuk menyajikan materi ikatan kimia menjadi lebih menarik dan inovatif. Penggunaan media tersebut sangat sesuai untuk menumbuhkan peran aktif peserta didik dalam mengontrol proses belajarnya secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan multimedia interaktif berbasis discovery learning pada materi ikatan kimia, (2) mendeskripsikan kelayakan multimedia interaktif berbasis discovery learning pada materi ikatan kimia, dan (3) mendeskripsikan respon peserta didik terhadap multimedia interaktif berbasis discovery learning pada materi ikatan kimia. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Tahapan ADDIE terdiri dari beberapa tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Model pengembangan ADDIE memiliki 5 tahapan tapi dalam penelitian ini dibatasin 3 tahap antara lain yaitu tahapan analisis, perancangan, serta pengembangan.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara guru dan angket respon peserta didik, lembar validasi ahli. Validasi dilakukan oleh 2 validator yaitu 1 dosen kimia dan 1 guru kimia. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil wawancara guru dan saran ahli menggunakan teknik analisis kualitatif, hasil data validasi ahli dan respon peserta didik menggunakan perhitungan persentase. Hasil penelitian (1) produk akhir yang dihasilkan berupa multimedia interaktif berbasis discovery learning pada materi ikatan kimia yang dikembangkan menggunakan Android (2) multimedia interaktif berbasis discovery learning berbantuan Android pada materi ikatan kimia ini dinyatakan valid oleh para ahli dengan nilai persentase yang diperoleh sebesar 95,12% dengan kategori sangat valid. (3) respon peserta didik terhadap media mendapat respon yang sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan perolehan hasil angket respon peserta didik dengan persentase sebesar 91,12%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 126212201036 RIZKA NUR KHOIROTUN NIKMAH
Date Deposited: 01 Jul 2024 08:02
Last Modified: 01 Jul 2024 08:02
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47810

Actions (login required)

View Item View Item