KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) BERDASARKAN GENDER DI MA AL-HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016

KHOIRUN NI’MAH, 2814123095 (2017) KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) BERDASARKAN GENDER DI MA AL-HIKMAH LANGKAPAN SRENGAT BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img] Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (731kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (228kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFRAR RUJUKAN.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Komunikasi Matematis Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE) Berdasarkan Gender di MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Khoirun Ni’mah, NIM. 2814123095, pembimbing Bapak Sutopo, M.Pd. Kata kunci : Komunikasi Matematika, Gender, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining (SFAE). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa ketika pembelajaran belangsung atau informasi diberikan oleh seorang guru kepada siswa ataupun siswa mendapatkan melalui bacaan, maka saat itu sedang terjadi transformasi informasi matematika dari komunikator kepada komunikan. Dalam proses komunikasi untuk menyampaikan pesan dari guru kepada siswa bertujuan agar pesan yang disampaikan guru dalam pembelajaran dapat diterima dengan baik dan berpengaruh terhadap pemahaman serta perubahan tingkah laku. Sehingga, keberhasilan kegiatan pembelajaran sangat tergantung kepada efektifitas proses komunikasi yang terjadi dalam pembelajaran tersebut. Dalam hal ini berarti bahwa proses komunikasi berperan penting dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan informasi yang diperoleh, diketahui kemampuan komunikasi matematika pada siswa laki-laki cenderung lebih rendah dari pada siswa perempuan dikarenakan dalam pembelajaran matematika siswa laki-laki lebih pasif dalam menanggapi informasi yang disampaikan dalam proses pembelajaran. Sehingga untuk menumbuhkan kemampuan komunikasi matematika ini, perlu dirancang suatu pembelajaran yang membiasakan siswa untuk mengkonstruksi sendiri pengetahuannya dan yang dapat mendukung serta mengarahkan siswa pada kemampuan untuk berkomunikasi matematika, sehingga siswa lebih memahami konsep yang diajarkan serta mampu mengkomunikasikan ide atau gagasan matematikanya. Strategi pembelajaran yang dapat dirancang menurut peneliti yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Fasilitator And Explaining (SFAE), dimana dalam metode ini siswa mempresentasikan ide atau pendapat pada siswa lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa laki- laki pada model pembelajaran kooperatif learning tipe student Fasilitator And Explaining di kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar?, (2) Bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa perempuan pada model pembelajaran kooperatif tipe Student Fasilitator And Explaining di kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskrisikan kemampuan komunikasi matematis siswa laki- laki pada model pembelajaran kooperatif tipe Student Fasilitator And Explaining di kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar dan untuk mendeskrisikan kemampuan komunikasi matematis siswa perempuan pada model pembelajaran kooperatif tipe student Fasilitator And Explaining di kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar. Dalam penelitian ini menggunakan pola penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, sumber data yang diambil yaitu kelas XI A, dalam penelitian ini juga digunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Metode tes untuk memperoleh data tentang komunikasi matermatis peserta didik dalam menyelesaikan komposisi fungsi kelas XIA MA Al-Hikmah Langkapan Srengat, berdasarkan indikator dari masing-masing komunikasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa laki-laki dan siswa perempuan pada model pembelajaran kooperatif tipe Student Fasilitator And Explaining di kelas XI MA Al-Hikmah Langkapan Srengat Blitar pada sudah mampu memenuhi indikator memahami gagasan matematis yang disajikan dalam tulisan atau lisan, mengungkapkan gagasan matematis secara tulisan atau lisan, dan menggunakan representasi matematika (rumus, diagram, tabel, grafik, model) untuk menyatakan informasi matematis mengubah dan menafsirkan informasi matematis dalam representasi matematika yang berbeda. Akan tetapi pada indikator menggunakan pendekatan bahasa matematika (notasi, istilah dan lambang) siswa laki-laki masih kurang teliti dan sering melakukan kesalahan dalam tes tulis, sedangkan pada siswa perempuan sudah mampu menggunakannya. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Fasilitator And Explaining siswa laki-laki lebih aktif dalam mengemukakkan idenya didepan kelas akan tetapi pada tes tulis siswa laki-laki kurang mampu mengkomunikasikan dalam bentuk matematika dengan baik, sedangkan siswa perempuan kurang begitu aktif dalam mengemukakkan idenya didepan kelas, akan tetapi dalam tes tulis siswa perempuan mampu mengkomunikasikan matematika dengan baik, prosedurnya runtut.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123095 KHOIRUN NI’MAH
Date Deposited: 08 Feb 2017 06:47
Last Modified: 08 Feb 2017 06:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4787

Actions (login required)

View Item View Item