KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLDV BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMPN 3 SARADAN MADIUN

NURUL KHUSNIL KHOTIMAH, 126204202120 (2024) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLDV BERDASARKAN GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VIII SMPN 3 SARADAN MADIUN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Khotimah, Nurul Khusnil. 2024. Kemampuan Literasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi SPLDV Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMPN 3 Saradan Madiun. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Miswanto, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis siswa. Pentingnya penelitian ini adalah untuk mengembangkan ilmu pengetahuan agar mampu memberikan gambaran mengenai kemampuan literasi matematis siswa yang ditinjau dari gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent. Dalam PISA, Literasi matematis didefinisikan sebagai kemampuan peserta didik untuk merumuskan, menggunakan dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Kemampuan literasi matematis yang dimiliki oleh setiap siswa dapat memudahkan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Menurut Polya penyelesaian masalah adalah suatu usaha untuk menemukan jalan keluar dari suatu kesulitan dan mencapai tujuan yang tidak dapat dicapai dengan segera, atau bisa didefinisikan sebagai suatu proses bagaimana mengatasi suatu persoalan atau pertanyaan. Setiap siswa dalam menyelesaikan masalah matematika memiliki kemampuan literasi matematis yang berbeda sesuai dengan daya pikir yang dimilikinya. Adanya perbedaan pola berpikir matematis dapat dipengaruhi oleh gaya kognitif yang menggambarkan bagaimana seseorang memperoleh dan mengolah informasi serta menyajikannya, diantaranya gaya kognitif Field Independent (FI) dan gaya kognitif Field Dependent (FD). Tujuan dari penelitian ini adalah, 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi SPLDV Kelas VIII di SMPN 3 Saradan Madiun. 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi SPLDV Kelas VIII di SMPN 3 Saradan Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya kognitif Field Independent (FI) dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLDV mampu memenuhi kelima fase literasi matematis, yaitu mengidentifikasi, memformulasikan, menerapkan, menggunakan dan menyimpulkan. 2) Kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLDV hanya mampu paling sering melalui ketiga fase dalam literasi matematis, yaitu menerapkan, menggunakan dan menyimpulkan. Kemampuan literasi matematis siswa dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) dalam menyelesaikan masalah matematika materi SPLDV tidak semua mampu memenuhi fase mengidentifikasi dan fase memformulasikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202120 NURUL KHUSNIL KHOTIMAH
Date Deposited: 02 Jul 2024 02:09
Last Modified: 02 Jul 2024 02:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47876

Actions (login required)

View Item View Item