REINTERPRETASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN TENTANG KONSERVASI ALAM (Studi Analisis Tafsir Tematik terhadap Kepedulian Lingkungan)

LUTHFIYYA KAAMALIYAA BILQIIS, 126301202079 (2024) REINTERPRETASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN TENTANG KONSERVASI ALAM (Studi Analisis Tafsir Tematik terhadap Kepedulian Lingkungan). [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (790kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (453kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (295kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (473kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (955kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (272kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)

Abstract

ABSTRAK Luthfiyya Kaamaliyaa Bilqiis, NIM: 126301202079. Skripsi. Program Studi: Ilmu Al-Qur‟an dan Tafsir, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Judul: Reinterpretasi Ayat-Ayat Al-Qur‟an tentang Konservasi Alam (Studi Analisis Tafsir Tematik terhadap Kepedulian Lingkungan). Pembimbing: Dr. Ahmad Muhdhor, Lc., M.Pd.I. Kata-Kata Kunci: Reinterpretasi, Ayat-ayat Al-Qur‟an, Konservasi Alam Manusia dicipta dengan tujuan untuk memakmurkan alam semesta dengan menempatkan manusia dalam posisi sebagai khalifah. Maka mengaplikasi kekhalifahan itu sendiri juga merupakan bagian dari ibadah. Diskursus dunia dan akhirat melahirkan pandangan sekuler, sementara pandangan sekuler yang mengedepankan aspek keterpisahan antara urusan agama dan urusan kemanusiaan telah membuat manusia melampaui batas dalam mengambil keputusan dan tindakan. Tak pelak alam semesta pun menjadi sasaran dan korbannya hingga menimbulkan krisis global yang mengancam eksistensi manusia bahkan juga mengancam eksistensi alam semesta itu sendiri. Rumusan masalah: 1). Bagaimana penafsiran klasik tentang ayat-ayat Al-Qur‟an yang berkaitan dengan konservasi alam? 2). Bagaimana reinterpretasi penafsiran ayat-ayat al-Qur‟an tentang konservasi alam untuk menjaga lingkungan hidup? Tujuan kajian ini adalah: 1). Mendeskripsikan gambaran umum penafsiran klasik ayat-ayat Al-Qur‟an tentang konservasi alam. 2). Menjelaskan reinterpretasi penafsiran ayat-ayat Al-Qur‟an tentang konservasi alam untuk menjaga lingkungan hidup. Metode Pembahasan: 1). Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif yang bersifat kepustakaan (library research). 2). Sumber data: Primer: Al-Qur‟an, Sekunder: Kajian dan analisis dalam buku ataupun jurnal. 3). Metode analisa data: deskriptif-analitik. Yaitu metode pembahasan dengan cara memaparkan permasalahan dengan analisa serta memberikan penjelasan yang mendalam mengenai sebuah data. Hasil Kajian: 1). Tafsir klasik atas ayat-ayat Al-Qur'an yang mengulas tentang pelestarian alam cenderung mengarah pada pendekatan yang menekankan interpretasi berdasarkan tradisi riwayat dan atau mengedepankan penafsiran ayat dengan ayat (bi al-ma‟tsur), dan bersifat mujmal sehingga pesan apa yang berada di balik ayat tidak terungkap, penggunaan ra‟yu tidak maksimal karena hanya terbatas pada keterangan para tabi‟in sehingga tidak menyentuh situasi kekinian tentang kerusakan alam karenanya juga tidak secara eksplisit menekankan aspek konservasi alam. 2). Reinterpretasi penafsiran ayat-ayat Al-Quran mengenai konservasi alam untuk merawat alam semesta diperlukan melalui upaya mengungkap makna yang sebenarnya dari teks-teks Al-Qur‟an (maqasid al-Syari‟ah) dengan cara mengembangkan penafsiran Al-Qur‟an dan mengaitkannya dengan situasi kekinian. Aplikasinya dapat dikemukakan melalui aktualisasi idiom-diom konservasi alam yang ada dalam Al-Qur‟an misalnya tentang mewujudkan keselamatan dan kebahagiaan hidup, menjaga keseimbangan ekosistem, dan memanfaatkan sumber-sumber alam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Agama > Al Quran
Agama > Tafsir Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir
Depositing User: 126301202079 LUTHFIYYA KAAMALIYAA BILQIIS
Date Deposited: 04 Jul 2024 06:39
Last Modified: 04 Jul 2024 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47928

Actions (login required)

View Item View Item