PEMENUHAN HAK ANAK DARI PERKAWINAN YANG TIDAK TERCATAT PERSPEKTIF PERLINDUNGAN DAN KESEJAHTERAAN ANAK (Studi Kasus di Kabupaten Trenggalek)

SALSABELLA YUAN ISTIQOMAH, 126102202191 (2024) PEMENUHAN HAK ANAK DARI PERKAWINAN YANG TIDAK TERCATAT PERSPEKTIF PERLINDUNGAN DAN KESEJAHTERAAN ANAK (Studi Kasus di Kabupaten Trenggalek). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (637kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (528kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (500kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Salsabella Yuan Istiqomah, NIM. 126102202191, Pemenuhan Hak Anak Dari Perkawinan yang Tidak Tercatat Perspektif Perlindungan dan Kesejahteraan Anak (Studi Kasus di Kabupaten Trenggalek), Program Studi Hukum Keluarga Islam, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing: Dr. Rohmawati, M.A. Kata Kunci: Hak Anak, Perkawinan Tidak Tercatat, Perlindungan, Kesejahteraan Anak Di kabupaten Trenggalek telah ditemukan bahwa angka perkawinan yang tidak tercatat relatif tinggi, sehingga menyebabkan hak-hak anak tidak terpenuhi. Bupati Trenggalek berharap hak-hak anak dapat terpenuhi seperti anak pada umumnya melalui programnya, sehingga perlu dianalisis mengenai upaya pemenuhan hak anak dari perkawinan yang tidak tercatat menurut UU Perlindungan dan Kesejahteraan Anak. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pemenuhan hak anak dari perkawinan yang tidak tercatat di Kabupaten Trenggalek. 2) Bagaimana upaya pemenuhan hak anak dari perkawinan yang tidak tercatat di Kabupaten Trenggalek ditinjau dari perspektif perlindungan dan kesejahteraan anak. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian yuridis empiris dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Trenggalek. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara validitas konstruk, validitas eksternal, validitas internal, dan rehabilitas. Hasil dari penelitian ini: 1) Pemenuhan hak anak dari perkawinan yang tidak tercatat di Kabupaten Trenggalek secara yuridis dapat dilihat dari upaya yang dilakukan oleh program pemerintah, sedangkan secara non yuridis pemenuhan tersebut seperti pendidikan, nafkah, kesehatan, dan tidak membuli. 2) Pemenuhan hak anak dari perkawinan yang tidak tercatat di Kabupaten Trenggalek dalam perspektif perlindungan dan kesejahteraan anak telah sesuai dengan prinsip-prinsip dasar KHA yang terdapat pada Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, dan Pasal 2 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak. Adapun perlindungan hukum terhadap anak dari perkawinan yang tidak tercatat ditinjau dari hukum Islam dalam konsep maqāṣid al-syarῑ’ah meliputi: menjaga agama (ḥifẓ al-dῑn), menjaga jiwa (ḥifẓ al-nafs), menjaga keturunan (ḥifẓ al-naṣl), menjaga akal (ḥifẓ al-aql) untuk memenuhi dan menjamin segala hak-hak pada anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 126102202191 SALSABELLA YUAN ISTIQOMAH
Date Deposited: 08 Jul 2024 03:09
Last Modified: 08 Jul 2024 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/47942

Actions (login required)

View Item View Item