IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IX-D SMP ISLAM AL-AZHAAR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

CHOIRUL ANAM FIRMAN THOHARI, 2814123051 (2017) IMPLEMENTASI METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IX-D SMP ISLAM AL-AZHAAR KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img] Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (337kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (55kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Kreatifitas Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Pada mata Pelajaran Matematika Kelas IX-D SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” yang ditulis oleh Choirul Anam Firman Thohari NIM. 2814123051. Dibimbing oleh Bapak Dr. Muniri, M.Pd Kata Kunci : Problem, Solving, Kreatifitas, Masalah, Matematika. Kegiatan Problem Solving atau pemecahan masalah memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk menggunakan imajinasi mereka, dan berpikir tentang berbagai macam kemungkinan, dengan diterapkannya problem solving akan menjadikan siswa lebih kreatif dalam memecahkan suatu masalah, karena dengan model problem solving siswa dilatih untuk dapat menyalesaikan suatu masalah yang belum pernah diajarkan oleh guru. Tidak hanya itu, kreatifitas juga sangat penting dalam rangka pengembangan potensi diri siswa untuk menghadapi masa depannya. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran problem solving dalam meningkatkat kreatifitas siswa dalam menyelesaikan masalah pada mata pelajaran matematika dikelas IX-D SMP Islam Al Azhaar Tahun Ajaran 2015/2016, 2) Untuk mengetahui kreatifitas siswa dalam menyelesaikan masalah pada mata pelajaran matematika dikelas IX-D SMP Islam Al Azhaar Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Adapun teknik tes tulis dan wawancara dalam penelitian ini, untuk mewawancarai guru dan siswa, serta tes tulis digunakan untuk mengetahui kreatifitas siswa dalam menyelesaikan soal pada pelajaran matematika siswa kelas IX SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Tes tulis di gunakan di enam subyek siswa diantaranya 2 siswa pintar, 2 siswa sedang, dan 2 siswa kurang pintar di kelas IX-D di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan problem solving di kelas IX-D SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung dengan dibentuk kelompok kemudian masing-masing kelompok diberi suatu masalah yang kemudian didiskusikan bersama dengan anggota kelompoknya dan dikerjakan dengan kelompoknya masing-masing. (2) hasil tes tulis dan wawancara kepada enam subyek siswa 2 diantaranya pada tingkat 4 yaitu sangat kreatif, 3 siswa pada tingkat 3 yaitu kreatif dan 1 siswa pada tingkat 2 yaitu cukup kreatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S. Pd 2814123051 choirul anam firman thohari
Date Deposited: 09 Feb 2017 04:15
Last Modified: 09 Feb 2017 04:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4797

Actions (login required)

View Item View Item