PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA MATERI LINGKARAN BERDASARKAN STANDAR PROSES NATIONAL COUNCIL OF TEACHERS OF MATHEMATICS (NCTM) UNTUK SMP NEGERI 2 NGANTRU TULUNGAGUNG KELAS VIII

DIKA AGUSTIANINGSIH, 2814123062 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MATEMATIKA MATERI LINGKARAN BERDASARKAN STANDAR PROSES NATIONAL COUNCIL OF TEACHERS OF MATHEMATICS (NCTM) UNTUK SMP NEGERI 2 NGANTRU TULUNGAGUNG KELAS VIII. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (182kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Materi Lingkaran Berdasarkan Standar Proses NCTM (National Council of Teachers of Mathematics) Untuk SMP Negeri 2 Ngantru Tulungagung Kelas VIII” ini ditulis oleh Dika Agustianingsih, NIM. 2814123062, pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd., MM. Kata kunci: pengembangan, LKS, NCTM, hasil, belajar Pengembangan bahan ajar berupa LKS sangat penting dan berguna untuk pembelajaran di era globalisasi seperti sekarang. Peningkatan hasil belajar siswa di asumsikan karena bahan ajar yang digunakan itu baik. Pembelajaran matematika dalam standar isi Kurikulum 2013 dinilai masih sulit untuk dicerna oleh siswa. Dalam buku BSE Kurikulum 2013 yang digunakan terdapat tahapan pembelajaran yakni mengamati, menanya, menggali informasi, menalar, merepresentasi. Tahapan-tahapan tersebut dinilai masih sulit untuk dicerna peserta didik, padahal tujuan bahan ajar berupa buku teks dari pemerintah ini mengajaksiswa aktif menggali pengetahuan dan mengkonstruksi suatu konsep serta menumbuhkan kemampuan bernalar melalui kegiatan yang disajikan. Untuk itu salah satu alternative pembelajaran yang sesuai bagi siswa adalah lembar kerja siswa berdasarkan standar proses NCTM, karena memuat standar proses berupa pemecahan masalah, penalaran dan pembuktian, komunikasi, koneksi, dan representasi tentu saja pengembangan bahan ajar LKS, dikembangkan lebih sederhana untuk belajar peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika materi lingkaran berdasarkan standar proses National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) untuk SMP Negeri 2 Ngantru Kelas VIII menjadi produk yang valid, efektif, dan praktis (2) untuk mengaetahui pengaruh hasil pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) matematika materi lingkaran berdasarkan standar proses National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) untuk SMP Negeri 2 Ngantru Kelas VIII terhadap hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan penelitian pengembangan (Research and Developmen) atau yang lebih dikenal dengan R&D diadopsi dari Borg and Gall, dengan tahapan sebagai berikut: (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan (planning), (3) pengembangan draf produk (develop preliminary form of product), (4) uji coba lapangan (preliminary field testing), (5) penyempurnaan produk awal (main product revision), (6) uji coba lapangan (main field testing), (7) menyempurnakan produk hasil uji lapangan (operational product revision), (8) uji pelaksanaan lapangan (operasional field testing), (9) penyempurnaan produk akhir (final product revision), (10) diseminasi dan implementasi (dissemination and implementation). Siklus tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKS dengan beberapa modifikasi. Dalam pengembangan ini, LKS divalidasi oleh ahli pengembangan, ahli materi, serta uji manfaat pengguna. Sedangkan untuk megetahui keberhasilan buku ajar digunakan post test dalam pengambilan data. Metode analisis data menggunakan uji independent t-test. Hasil penelitian ini adalah produk berupa LKS berdasarkan standar proses NCTM untuk siswa kelas VIII. (1) berdasarkan hasil penilaian kevalidan produk, diperoleh rata-rata sebesar dengan kriteria cukup valid, untuk penilaian kepraktisan LKS diperoleh dari data respon siswa yakni rata-rata sebesar , dan data dari validator sebesar , jadi presentase keseluruhan untuk kepraktisan produk sebesar denagn kriteria sangat baik. Untuk hasil penilaian keefeiktifan penggunaan produk dilihat dari tes hasil belajar siswa yang menunjukkan 83% siswa mampu mencapai tingkat penguasaan materi dengan minimal skor 60, dengan demikian dapat dikatakan LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria keefektifan. (2) berdasarkan hasil tes hasil belajar siswa Nilai rata-rata post test pada kelas eksperimen sebesar , sedangkan untuk kelas control rata-rata hasil belajar sebesar . Nilai kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Sedangkan berdasarkan hasil output SPSS 20.00 dapat dilihat rata-rata antara sebelum perlakuan sebelum dan sesudah. Hasil belajar siswa sebelum menggunakan LKS matematika rata-rata sebesar , sedangkan setelah menggunakan LKS matematika rata-rata hasil belajar siswa naik yaitu sebesar . Hal ini membuktikan bahwasanya pembelajaran dengan menggunakan LKS matematika dengan standar proses NCTM memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123062 DIKA AGUSTIANINGSIH
Date Deposited: 09 Feb 2017 07:23
Last Modified: 09 Feb 2017 07:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4798

Actions (login required)

View Item View Item