PROBLEMATIKA PROGRAM TULUNGAGUNG LAYAK HUNI (PROTAL) TERHADAP PENYELESAIAN PERMASALAHAN KAWASAN KUMUH DI KABUPATEN TULUNGAGUNG (Studi Kasus di Desa Tapan, Kecamatan Kedungwaru)

WANDA AMALIA, 126103202212 (2024) PROBLEMATIKA PROGRAM TULUNGAGUNG LAYAK HUNI (PROTAL) TERHADAP PENYELESAIAN PERMASALAHAN KAWASAN KUMUH DI KABUPATEN TULUNGAGUNG (Studi Kasus di Desa Tapan, Kecamatan Kedungwaru). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (981kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)

Abstract

WANDA AMALIA 126103202212, Problematika Program Tulungagung Layak Huni (PROTAL) Terhadap Penyelesaian Permasalahan Kawasan Kumuh di Kabupaten Tulungagun (Studi Kasus di Desa Tapan, Kecamatan Kedungwaru). Program Studi Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing Bapak Yusron Munawir, S.H.I., M.H. Kata Kunci : Problematika, Program Tulungagung Layak Huni, Penyelesaian. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Program Tulungagung Layak Huni (PROTAL), dalam perkembangannya masih sampai pada tahap sosialisasi terhadap Aplikasi Protal (Program Tulungagung Layak Huni). Program Tulungagung Layak Huni diresmikan pada November 2022, yang berarti program tersebut sudah berjalan hampir dua tahun. Namun pada realita dilapangan, program tersebut hingga saat ini masih dalam proses perencanaan. Belum terdapat adanya perubahan yang signifikan terhadap pelaksaan Program Tulungagung Layak Huni bagi lingkungan masyarakat secara langsung. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengkaji mengenai Program Tulungagung Layak Huni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang terjadi dan upaya pemerintah Kabupaten Tulungagung dalam menyikapi problematika Program Tulungagung Layak Huni. Rumusan masalah yang diangkat adalah: 1) Bagaimana problematika Program Tulungagung Layak Huni (PROTAL) dalam menyelesaikan permasalahan kawasan kumuh di Kabupaten Tulungagung? 2) Bagaimana upaya Pemerintah Kabupaten Tulungagung dalam menyikapi problematika Program Tulungagung Layak Huni dalam menyelesaikan permasalahan kawasan kumuh di Kabupaten Tulungagung? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian hukum yuridis empiris, dimana penulis secara langsung turun ke lapangan untuk melakukan observasi mencari data yang diperlukan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian ini 1) Problematika Program Tulungagung Layak Huni (PROTAL) dalam menyelesaikan permasalahan kawasan kumuh di Kabupaten Tulungagung yaitu kurangnya peran aktif dari pemerintah desa, tidak adanya anggaran honorarium operator desa, Program Tulungagung Layak Huni bertepatan dengan program dari instansi lain, belum terdapat tenaga fasilitator lapangan sebagai pendamping dan penggerak dalam melaksanakan kegiatan, dan aplikasi PROTAL yang terbilang sering eror. 2) Upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tulungagung dalam menyikapi problematika Program Tulungagung Layak Huni dalam menyelesaikan permasalahan kawasan kumuh di Kabupaten Tulungagung dengan cara pemerintah melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak, perencanaan revisi kebijakan terkait honorarium operator desa, menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan program, perekrutan tenaga fasilitator lapangan (TFL) tetapi masih pada proses perekrutan, maintenance aplikasi PROTAL.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 126103202212 WANDA AMALIA
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:07
Last Modified: 04 Jul 2024 07:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48023

Actions (login required)

View Item View Item