PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA UNTUK KELAS XI SMA/MA

MUHAMAD BAYU HIMANTOKO, 12212173047 (2023) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM BASA UNTUK KELAS XI SMA/MA. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam Basa untuk Kelas XI SMA/MA” ini ditulis oleh Muhamad Bayu Himantoko, NIM. 12212173047, pembimbing Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. Permasalahan yang ditemukan di sekolah yaitu bahan ajar yang digunakan seperti buku teks kimia dan LKS yang terbatas baik jumlah maupun jenisnya. Di sisi lain, guru sudah membuat LKPD namun terbatas pada beberapa materi saja. Terdapat temuan lain bahwa sekolah belum pernah menggunakan modul sebagai bahan ajar untuk menunjang proses pembelajaran pada materi asam basa. Maka, dibutuhkan suatu pengembangan bahan ajar berupa modul yang sesuai dengan karakteristik peserta didik sehingga dapat membantu peserta didik belajar secara mandiri dan disusun dengan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan keaktifan peserta didik. Model pembelajaran yang dirasa cocok dan memenuhi kriteria tersebut adalah model pembelajaran inkuiri terbimbing. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pengembangan modul yang berbasis model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam basa. Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah mendeskripsikan (1) kelayakan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing pada materi asam basa (2) respon peserta didik terhadap pengembangan modul kimia berbasis inkuiri terbimbing pada materi asam basa untuk kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan dari Sugiyono. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA PGRI 1 Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, teknik validasi dan teknik angket. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa lembar wawancara, lembar validasi dan lembar angket. Wawancara digunakan untuk mencari informasi mengenai bahan dan model pembelajaran yang digunakan di sekolah. Validasi digunakan untuk menilai dan untuk mengetahui tingkat kelayakan pengembangan modul. Angket digunakan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan modul. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Skor validasi ahli materi dan media menunjukkan bahwa nilai rata-rata persentase kelayakan materi dan media secara berturut-turut sebesar 93,25% dan 95,83% yang termasuk dalam kriteria sangat layak, dan (2) Nilai rata-rata persentase respon peserta didik sebesar 80,33% yang termasuk dalam kriteria baik. Dengan demikian, Modul Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Asam Basa berpotensi sebagai bahan ajar pendukung bagi peserta didik dan layak digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan Modul, Inkuiri Terbimbing, Asam Basa

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Kimia > Larutan Elektrolit
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212173047 MUHAMAD BAYU HIMANTOKO
Date Deposited: 04 Jul 2024 04:46
Last Modified: 04 Jul 2024 04:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48042

Actions (login required)

View Item View Item