PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PEMANFAATAN LIMBAH BIOGAS DITINJAU PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN SIYASAH SYAR’IYYAH (Studi Kasus Desa Sendang Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung)

VICA ANNEDIA WAHAS, 126103203274 (2024) PERAN PEMERINTAH DESA DALAM PEMANFAATAN LIMBAH BIOGAS DITINJAU PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN SIYASAH SYAR’IYYAH (Studi Kasus Desa Sendang Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (695kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)

Abstract

Vica Annedia Wahas, 126103203274, 2024, “Peran Pemerintah Desa Dalam Pemanfaatan Limbah Biogas Ditinjau Perspektif Hukum Islam Dan Siyasah Syar’iyyah (Studi Kasus Desa Sendang Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung)”, Skripsi, Program Studi Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Ahmadi Abdus Shomad Faiz N, M.H. Kata kunci : Pemerintah Desa, Pemanfaatan Limbah Biogas, Hukum Islam, Siyasah Syar’iyyah Penelitian ini dilatarbelakangi terkait adanya pemanfaatan limbah biogas yang dijalankan oleh KPUD Tani Wilis Desa Sendang Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung yang bekerja sama dengan PT. Nestle serta kebijakan dari pemerintah pusat yang terdapat pada Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No. 53 Tahun 2018 tentang Pemanfaatan Sumber Energi Terbarukan untuk Penyedia Tenaga Listrik dan Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung No. 14 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, serta ditinjau dari segi menurut hukum islam dan penggunaan biogas untuk masyarakat dapat mengurangi pencemaran dan menjaga lingkungan dari limbah ternak yang menumpuk dan mengurangi penggunaan gas elpiji yang saat ini hampir punah dan harganya yang relatif mahal. Fokus dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana peran pemerintah desa dalam pemanfaatan limbah biogas di Desa Sendang Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung. 2) Bagaimana peran pemerintah desa dalam pemanfaatan limbah biogas di Desa Sendang Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung ditinjau perspektif hukum islam. 3) Bagaimana peran pemerintah desa dalam pemanfaatan limbah biogas di Desa Sendang Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung ditinjau perspektif siyasah syar’iyyah. Metode penelitian yang digunakan ini adalah metode penelitian Yuridis Empiris. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi. Sedangkan tahap yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tahap persipan, lapangan, pengolahan data, laporan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : 1) Di Desa Sendang Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung tidak ada peraturan desa (PERDES) terkait pemanfaatan limbah ternak yang dijadikan biogas, 2) Ketua KPUD Tani Wilis selaku kepala desa sendang, 3) KPUD Tani Wilis bukan milik pemerintah desa, tetapi milik anggota yang terbentuk melalui rapat anggota tahunan, 4) program biogas bisa mengurangi pencemaran lingkungan akibat limbah ternak yang menumpuk, 5) Yang bisa menggunakan biogas hanyalah para anggota KPUD Tani Wilis tidak diperuntukkan dari pihak lainnya, karena biogas mendapatkan subsidi dari PT. Nestle, 6) Masyarakat desa sendang banyak yang menggunakan biogas dibandingkan desa lainnya di wilayah Kecamatan Sendang.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Islam
Hukum > Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 126103203274 VICA ANNEDIA WAHAS
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:11
Last Modified: 04 Jul 2024 07:11
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48084

Actions (login required)

View Item View Item