STRATEGI DAKWAH PADA LANSIA (LANJUT USIA) (Studi Kasus TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Al- Ikhlas Dewasa Desa Gandong Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung)

DINDA OLFIYA ANDARI, 126311201017 (2024) STRATEGI DAKWAH PADA LANSIA (LANJUT USIA) (Studi Kasus TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Al- Ikhlas Dewasa Desa Gandong Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (912kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (699kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (361kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dinda Olfiya Andari. (2024). Dakwah Kepada Lansia (Lanjut Usia): Studi Kasus TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Al-Ikhlas Dewasa Desa Gandong Tulungagung. Program Studi: Manajemen Dakwah, Fakultas Ushuluddin Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen Pembimbing: Didin Wahyudin, M.Pd. Kata kunci: Dakwah, Lanjut Usia, Metode Dakwah TPQ Penelitian ini mengkaji tentang dakwah yang dilakukan kepada lanjut usia dalam lingkup TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) dewasa, tujuannya untuk mengetahui pelaksanaan dakwah TPQ Al-Ikhlas yang digunakan pada santri lanjut usia dan faktor pendukung serta penghambat dakwah kepada lansia dan implikasi nya bagi lansia. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini terdiri dari teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, populasi dalam penelitian ini adalah santri lanjut usia yang berumur 60-70 tahun keatas, jumlah santri sekitar 20-25. Lokasi penelitian ini berada di TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Al-Ikhlas dewasa di Tulungagung. Subjek penelitian ini ialah santri lanjut lansia dan strategi TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Al-Ikhlas dewasa sebagai objek penelitian Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan dakwah pada lansia dilakukan dengan cukup itensif, dilakukan seminggu sekali dengan strategi dakwah sebagaimana yang sudah diterangkan di surah An-Nahl ayat 125 yaitu menggunakan 3 metode dakwah yang digunakan yaitu Mauidzul hasanah (nasehat yang baik), bil al-hikmah (dapat memberikan perubahan, baik akhlak kepada Allah maupun sesama manusia dalam kehidupan sosial dan dalam segi ibadah), mujadallah billati hiya ahsan (dakwah yang dilakukan dengan cara bertukar fikiran, debat, tanya jawab). Penulis tidak menuliskan metode mujadallah billati hiya ahsan karena dianggap kurang sesuai untuk orang yang sudah lanjut usia maka disesuaikan dengan kebutuhan mad’u. maka penulis menambahkan metode dakwah Bil-Lisan (dakwah yang dilakukan melaui lisan, yaitu dengan ceramah atau tausiyah) . Faktor pendukungnya dakwah pada lanjut usia berupa: adanya ustazah, niat dan semangat yang tinggi dari lansia, fasilitas yang ada mendukung kegiatan, minat dan motivasi kepada lansia dalam mengikuti program yang ada. Faktor penghambat yaitu lansia yang mengalami penurunan fisiknya, buta baca huruf Arab atau belum bisa baca huruf Arab. Strategi dakwah pada lansia di TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) Al-Ikhlas dewasa menunjukkan perubahan yang positif,. Santri lansia yang awalnya buta baca huruf Arab sekarang bisa baca Al-Qur’an, kemudian secara rohani meningkat keimanannya Keberadaan TPQ (Taman Pendidikan Al-Quran) Al- Ikhlas ini membantu masyarakat khusunya kepada lansia dalam memberantas buta baca Al- Qur’an atau yang merasa terlambat dalam baca huruf Arab.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen Dakwah
Masyarakat Islam
Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: 126311201017 DINDA OLFIYA ANDARI
Date Deposited: 05 Jul 2024 06:42
Last Modified: 05 Jul 2024 06:42
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48112

Actions (login required)

View Item View Item