YULI OKTA FIANASARI, 126204202137 (2024) PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI TEHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI MATRIKS KELAS XI DI SMAN 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (720kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (223kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (217kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (353kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (506kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (462kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Kemampuan Literasi Numerasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Matriks Kelas XI di SMAN 1 Srengat Blitar” ini ditulis oleh Yuli Okta Fianasari, NIM 126204202137, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Nur Cholis S.Pd.I.,M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Numerasi, Pemahaman Konsep, Matriks. Kemampuan literasi numerasi indonesia masih tergolong rendah yang dapat terlihat berdasarkan rendahnya nilai pada dua hasil survei penilaian internasional yaitu program TIMSS tahun 2015 yang menunjukkan Indonesia menduduki peringkat ke-44 dari 49 negara dan PISA tahun 2022 yang menunjukkan Indonesia menduduki peringkat ke-71 dari 81 negara peserta PISA dalam bidang membaca, peringkat ke-69 dari 81 negara peserta PISA dalam bidang matematika dan peringkat ke-67 dari 81 negara peserta PISA dalam bidang sains. Hal tersebut mungkin dipicu oleh suatu alasan seperti salah satunya adalah rendahnya pemahaman konsep matematika siswa yang disebabkan karena kesalahan konsep saat disampaikan oleh guru di salah satu jenjang pendidikan yang berakibat pada kesalahan pengertian dasar hingga ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Serta selain itu, banyak siswa yang menganggap matematika sulit dipahami karena sifatnya yang abstrak. Selama ini siswa hanya bisa menggunakan rumus atau rumus cepat tanpa memahami konsep yang sebenarnya. Oleh karena itu, ketika dihadapkan pada soal variasi yang lebih kompleks, siswa cenderung melakukan kesalahan. Sehingga mereka kurang termotivasi untuk mempelajari matematika melalui konsepnya. Dengan demikian diperlukan suatu sebuah solusi yaitu salah satunya melalui program SAC (Semua Anak Cerdas). Fokus program ini adalah pada kemampuan literasi dan numerasi. Diharapkan melalui program ini dapat meningkatan kemampuan literasi numerasi yang memberikan dampak yang signifikan terhadap respon positif aspek kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan literasi numerasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi matriks kelas XI di SMAN 1 Srengat Blitar, (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan literasi numerasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi matriks kelas XI di SMAN 1 Srengat Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Dalam mengambil sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan sampelnya adalah kelas XI E2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI E1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes untuk mengukur pemahaman konsep matematika. Teknik analisis data menggunakan uji Uji-t (Independent Simple T-test) dan Effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh kemampuan literasi numerasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi matriks kelas XI di SMAN 1 Srengat Blitar, (2) Besar pengaruh kemampuan literasi numerasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi matriks kelas XI di SMAN 1 Srengat Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Aljabar Matematika Matematika > Masalah Matermatika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204202137 YULI OKTA FIANASARI |
Date Deposited: | 16 Jul 2024 04:23 |
Last Modified: | 16 Jul 2024 04:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48210 |
Actions (login required)
View Item |