PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI TEHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI MATRIKS KELAS XI DI SMAN 1 SRENGAT BLITAR

YULI OKTA FIANASARI, 126204202137 (2024) PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI TEHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA PADA MATERI MATRIKS KELAS XI DI SMAN 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (217kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kemampuan Literasi Numerasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Matriks Kelas XI di SMAN 1 Srengat Blitar” ini ditulis oleh Yuli Okta Fianasari, NIM 126204202137, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Nur Cholis S.Pd.I.,M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Numerasi, Pemahaman Konsep, Matriks. Kemampuan literasi numerasi indonesia masih tergolong rendah yang dapat terlihat berdasarkan rendahnya nilai pada dua hasil survei penilaian internasional yaitu program TIMSS tahun 2015 yang menunjukkan Indonesia menduduki peringkat ke-44 dari 49 negara dan PISA tahun 2022 yang menunjukkan Indonesia menduduki peringkat ke-71 dari 81 negara peserta PISA dalam bidang membaca, peringkat ke-69 dari 81 negara peserta PISA dalam bidang matematika dan peringkat ke-67 dari 81 negara peserta PISA dalam bidang sains. Hal tersebut mungkin dipicu oleh suatu alasan seperti salah satunya adalah rendahnya pemahaman konsep matematika siswa yang disebabkan karena kesalahan konsep saat disampaikan oleh guru di salah satu jenjang pendidikan yang berakibat pada kesalahan pengertian dasar hingga ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Serta selain itu, banyak siswa yang menganggap matematika sulit dipahami karena sifatnya yang abstrak. Selama ini siswa hanya bisa menggunakan rumus atau rumus cepat tanpa memahami konsep yang sebenarnya. Oleh karena itu, ketika dihadapkan pada soal variasi yang lebih kompleks, siswa cenderung melakukan kesalahan. Sehingga mereka kurang termotivasi untuk mempelajari matematika melalui konsepnya. Dengan demikian diperlukan suatu sebuah solusi yaitu salah satunya melalui program SAC (Semua Anak Cerdas). Fokus program ini adalah pada kemampuan literasi dan numerasi. Diharapkan melalui program ini dapat meningkatan kemampuan literasi numerasi yang memberikan dampak yang signifikan terhadap respon positif aspek kemampuan pemahaman konsep matematika siswa.Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan literasi numerasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi matriks kelas XI di SMAN 1 Srengat Blitar, (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemampuan literasi numerasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi matriks kelas XI di SMAN 1 Srengat Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Dalam mengambil sampel menggunakan Simple Random Sampling dengan sampelnya adalah kelas XI E2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI E1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes untuk mengukur pemahaman konsep matematika. Teknik analisis data menggunakan uji Uji-t (Independent Simple T-test) dan Effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh kemampuan literasi numerasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi matriks kelas XI di SMAN 1 Srengat Blitar, (2) Besar pengaruh kemampuan literasi numerasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa pada materi matriks kelas XI di SMAN 1 Srengat Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202137 YULI OKTA FIANASARI
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:23
Last Modified: 16 Jul 2024 04:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48210

Actions (login required)

View Item View Item