ANALISIS KONTRIBUSI BADAN USAHA MILIK DESA UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi pada BUMDes Ngudi Sejahtera Kecamatan Ngunut)

NIKEN AYU CAHYANI, 126402202135 (2024) ANALISIS KONTRIBUSI BADAN USAHA MILIK DESA UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT (Studi pada BUMDes Ngudi Sejahtera Kecamatan Ngunut). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (498kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kontribusi Badan Usaha Milik Desa untuk Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat (Studi pada BUMDes Ngudi Sejahtera Kecamatan Ngunut) yang ditulis oleh Niken Ayu Cahyani, NIM 126402202135, Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberadaan desa sebagai salah satu pusat dinamika ekonomi dan pembangunan, keberadaan desa sangat penting sebagai salah satu pendukung kesejahteraan dan kemajuan. Sesuai dengan UU No.6 Tahun 2014 otonomi daerah hendak diberikan lebih luas kepada pemerintahan desa dan kepada masyarakat desa untuk lebih mandiri sehingga diharapkan semua masyarakat baik yang berada di sentralistik maupun daerah mengalami pemerataan dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu upaya untuk mendorong peningkatan ekonomi yaitu melalui kewirausahaan. Kewirusahaan yang dimaksud adalah melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dikembangkan oleh pemerintah maupun masyarakat desa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk menganalisis bagaimana kontribusi BUMDes Ngudi Sejahtera dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Desa Ngunut 2) Untuk mengenalisis faktor penghambat dan pendukung apa saja yang ada di BUMDes Ngudi Sejahtera dalam kontribusi meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Desa Ngunut 3) Untuk menganalisis bagaimana hasil dari BUMDes Ngudi Sejahtera dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Desa Ngunut. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang bersumber dari BUMDes Ngudi Sejahtera. Adapun analisis data ini menggunakan model interaktif yang selanjutnya disajikan secara sistematis untuk memperoleh suatu kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kontribusi BUMDes Ngudi Sejahtera dalam upaya peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat di Desa Ngunut adalah melalui pengembangan pada bidang perindustrian melalui unit-unit usaha yang dijalankan 2) Faktor pendukung BUMDes dalam kontribusi meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat adalah dukungan dari masyarakat dan pemerintah desa, sedangkan faktor penghambat utamanya dalah penyertaan modal 3) hasil kontribusi BUMDes dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat terealisasi melalui berkembangnya home industry yang ada di Desa Ngunut dan sumbangsih terhadap Pendapatan Asli Desa (PADes). Kata Kunci : BUMDes, Kesejahteraan Ekonomi, Masyarakat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bumdes
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402202135 NIKEN AYU CAHYANI
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:34
Last Modified: 28 Aug 2024 04:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48239

Actions (login required)

View Item View Item