PENGEMBANGAN MEDIA KAMUS SAKU ARAB-INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT DI MI NURUL JADID KOLOMAYAN BLITAR

FAHMA QALBI ILMILLAHI FAUZI, 126205202115 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KAMUS SAKU ARAB-INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT DI MI NURUL JADID KOLOMAYAN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (942kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (359kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (630kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Fauzi, Fahma Qalbi Ilmillahi. 2024. Pengembangan Media Kamus Saku Arab-Indonesia untuk Meningkatkan Penguasaan Mufrodat di MI Nurul Jadid Kolomayan Blitar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Muhammad Afthon Ulin Nuha, M.Pd. Kata Kunci: Bahasa Arab, Media Kamus Saku, Mufrodat Pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Salah satu pembelajaran yang penting di Madrasah Ibtidaiyah adalah mata pelajaran bahasa Arab. Syarat mendasar yang harus dilakukan dalam memahami keterampilan bahasa Arab adalah dengan menguasai mufrodat. Terdapat beberapa permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran bahasa Arab yaitu sebagian siswa kurang minat mengikuti pembelajaran karena merupakan bahasa asing. Selain itu, kecendungan guru yang hanya menggunakan buku pegangan berupa LKS dan tidak menggunakan media pembelajaran dapat mengakibatkan siswa merasa bosan. Sedangkan kendala lainnya adalah tingkat kemampuan berfikir dan pemahaman peserta didik yang berbeda-beda. Hal ini mengakibatkan beberapa peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami dan mengingat kosakata (mufrodat), dan belajar tarkib. Oleh karena itu, peneliti ingin mengembangkan media berupa kamus saku Arab-Indonesia untuk meningkatkan penguasaan mufrodat sebagai dasar pembelajaran bahasa Arab, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran dan hasil belajar yang maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Bagaimana pengembangan media kamus saku Arab-Indonesia untuk meningkatkan mufrodat di MI Nurul Jadid Kolomayan Blitar? (2) Bagaimana kelayakan penggunaan kamus saku Arab-Indonesia untuk meningkatkan penguasaan mufrodat di MI Nurul Jadid Kolomayan Blitar? (3) Bagaimana efektivitas penggunaan kamus saku bahasa Arab Indonesia untuk meningkatkan penguasaan mufrodat di MI Nurul Jadid Kolomayan Blitar? Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian dan pengembangan atau R&D dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu 1) Analisys (analisis), 2) Design (desain), 3) Development (pengembangan), 4) Implementation (implementasi), 5) Evaluation (evaluasi). Hasil pengembangan ini berupa kamus saku Arab-Indonesia untuk meningkatkan penguasaan mufrodat di Madrasah Ibtidaiyah. Subjek uji coba penelitian ini merupakan siswa kelas IV di MI Nurul Jadid Kolomayan Blitar yang terbagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penilitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, dan tes. Jenis data dalam penelitian ini terdapat data kuantitatif yaitu nilai angket validasi data, angket respon siswa, dan hasil pretest-postest peserta didik, serta data kualitatif yaitu saran dan masukan dari ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, serta guru bahasa Arab. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini: 1) Pengembangan menghasilkan produk media pembelajaran yaitu kamus saku Arab-Indonesia yang memiliki beberapa komponen berupa cover, kata pengantar, daftar isi, judul tema, mufrodat, kaidah bahasa Arab, daftar pustaka, , dan profil penulis; 2) Hasil validasi ahli materi memperoleh jumlah skor 45 dengan presentase 90%, hasil validasi ahli media memperoleh jumlah skor 69 dengan presentase 86,25%, hasil validasi ahli bahasa memperoleh jumlah skor 34 dengan presentase 97,14%, dan hasil validasi guru bahasa Arab memperoleh skor 71 presentase 88,75 %, serta hasil respon siswa memperoleh rata-rata nilai yaitu 64,42 dengan presentae 86%. Presentase yang diperoleh dalam pengembangan media ini yaitu > 80% dengan kriteria sangat layak dan tidak perlu revisi; 3) Kamus saku Arab-Indonesia ini dikatakan sangat layak berdasarkan uji keefektifan media dari hasil pretest dan posttest, hasil belajar kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai pretest 74,52 dan posttest 86,43 dengan selisih 11,91, sedangkan hasil belajar kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai pretest 59,50 dan posttest 80,00 dengan selisih 20,5 yang artinya bahwa terdapat perubahan dari penggunaan media pembelajaran yang dibuat. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis melalui SPSS 16.0 for windows dengan menggunakan uji Paired T-Test diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga menunjukkan bahwa media kamus saku Arab-Indonesia ini efektif sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan mufrodat di MI Nurul Jadid Kolomayan Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202115 FAHMA QALBI ILMILLAHI FAUZI
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:58
Last Modified: 10 Jul 2024 04:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48387

Actions (login required)

View Item View Item