PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WIXSITE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP KELAS VIII MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS

TANTI DESI SUSANTI, 17204163302 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WIXSITE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP KELAS VIII MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (502kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (775kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (780kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (340kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Wixsite dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Kelas VIII Materi Persamaan Garis Lurus” ini ditulis oleh Tanti Desi Susanti NIM.128512203037, pembimbing 1 Dra. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. pembimbing 2 Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Wixsite, Kemampuan Pemecahan Masalah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami konsep matematika dan memecahkan masalah matematika. Dalam hal ini dibutuhkan kemampuan pemecahan masalah matematika untuk mempermudah siswa dalam memahami konsep matematika dan memecahkan masalah matematika. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan mengembangkan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat dikembangkan adalah Wixsite. Oleh sebab itu, pengembangan media pembelajaran berbasis Wixsite. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran Wixsite dalam meingkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan R&D. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, studi dokumentasi tes dan angket. Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran matematika Wixsite. Materi yang digunakan adalah persamaan garis lurus kelas VIII. Adapun pengebangan media mengikuti teori Borg & Gall. Berikut tahap-tahap penelitiannya (1) Potensi dan Masalah; (2) Pengumpulan Data; (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain; (5) Revisi Desain; (6) Uji Coba Produk; (7) Revisi Produk; (8) Uji Coba Pemakaian; (9) Revisi Produk; (10) Produksi Massal. Hasil penelitian dan pengembangan ini mrnunjukkan bahwa (1) Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran Wixsite dengan materi persamaan garis lurus kelas VIII; (2) Media ini valid digunakan dengan taraf kevalidan ahli media 80% dan ahli materi 78%; (3) Media ini praktis dibuktikan dengan angket respon guru dan keterlaksanaan media pembelajaran Wixsite pada setiap pertemuan dan mendapatkan respon positif dari guru. Berdasarkan hasil angket repon guru diperoleh skor rata-rata 77% dan hasil angket observasi guru diperoleh skor rata-rata 93,6%; (4) Media pembelajaran Wixsite ini efektif dilihat dari hasil angket respon siswa dan hasil post test. Berdasarkan hasil angket respon siswa SMPN 1 Ngunut adalah 90,81% dan hasil angket respon siswa SMPN 3 Ngunut adalah 88,50% dan masuk dalam kategori respon positif. Berdasarkan hasil uji Independent Sample Test didapatkan hasil pembelajaran kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran Wixsite terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai skor 0,010 < 0,05. Dengan demikian, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol di SMPN 1 Ngunut dan SMPN 3 Ngunut.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Tadris Matematika
Depositing User: 128512203037 TANTI DESI SUSANTI
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:48
Last Modified: 02 Sep 2024 06:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48668

Actions (login required)

View Item View Item