UPAYA PENUMBUHAN EMPATI PADA GURU IPS DALAM MENINGKATKAN SIKAP PEDULI SOSIAL SISWA KELAS VII DI MTs BINAYA ILMI WONGSOREJO BANYUWANGI

ALVI WARDATUN NI'MAH, 126209202054 (2024) UPAYA PENUMBUHAN EMPATI PADA GURU IPS DALAM MENINGKATKAN SIKAP PEDULI SOSIAL SISWA KELAS VII DI MTs BINAYA ILMI WONGSOREJO BANYUWANGI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Penumbuhan Empati Pada Guru IPS Dalam Meningkatkan Sikap Peduli Sosial Siswa Kelas VII Di MTs Binaya Ilmi Wongsorejo Banyuwangi” ini ditulis oleh Alvi Wardatun Ni’mah, NIM.126209202054, pembimbing Drs. H. Jani, M.M, M. Pd. Kata Kunci: Upaya Guru, Sikap Peduli Sosial, Empati Sikap peduli sosial penting untuk dimiliki oleh setiap siswa dengan adanya kepedulian siswa terhadap lingkungannya akan membuat siswa menjadi pribadi yang baik. Sikap peduli sosial merupakan sikap seseorang untuk saling membantu dan menolong orang lain yang kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan Upaya Penumbuhan Empati Pada Guru IPS Dalam Meningkatkan Sikap Peduli Sosial Siswa Kelas VII di MTs Binaya Ilmi Wongsorejo Banyuwangi Tahun Ajar 2023/2024, (2) Mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Penghambat Guru IPS Dalam Meningkatkan Sikap Peduli Sosial Siswa Kelas VII di MTs Binaya Ilmi Wongsorejo Banyuwangi Tahun Ajar 2023/2024 (3) Mendeskripsikan Dampak Dari Upaya Penumbuhan Empati Pada Guru IPS Dalam Meningkatkan Sikap Peduli Sosial Siswa Kelas VII di MTs Binaya Ilmi Wongsorejo Banyuwangi Tahun Ajar 2023/2024 Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian study kasus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan metode induktif yang dibagi menjadi 4 langkah: (1) Pengumpulan Data, (2) Kondensasi Data, (3) Penyajian Data, (4) Kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Upaya penumbuhan empati pada guru IPS dalam meningkatkan sikap peduli sosial siswa kelas VII dengan cara memberikan keteladanan, pembiasaan dan sosilisasi. (2) Faktor pendukung dalam meningkatkan sikap peduli sosial siswa dengan adanya kegiatan sosialisasi saat apel pagi, kerja bakti, penggalangan dana dan kegiatan amal. Sedangkan faktor penghambatnya siswa bermain gadget berlebihan, adanya adat istiadat yang sudah mengental pada diri siswa dan adanya perubahan sosial. (3) Dampak dari upaya penumbuhan empati pada guru IPS dalam meningkatkan sikap peduli sosial siswa kelas VII yaitu siswa menjadi antusias saat guru menyuruh menghapus papan tulis, siswa mampu bersikap baik terhadap siswa lainnya dan siswa mempunyai sikap tolong menolong yang baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 126209202054 ALVI WARDATUN NI'MAH
Date Deposited: 16 Jul 2024 05:07
Last Modified: 16 Jul 2024 05:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48684

Actions (login required)

View Item View Item