ASTA RINA PRATIWI, 126205203230 (2024) PENGARUH PERMAINAN TRUTH OR DARE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS 3 DI MI DARUL HUDA POJOK NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (623kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (256kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (219kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (274kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (216kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
||
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Permainan Truth Or Dare Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Kelas 3 Di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung.” Ini ditulis oleh Asta Rina Pratiwi. NIM. 126205203230. Dosen Pembimbing Rohmah Ivantri,M.Pd.I Kata Kunci : Permainan Truth Or Dare,Matematika, Minat,Hasil Belajar Pembelajaran matematika merupakan suatu pembelajaran yang sangat kurang diminati siswa. Siswa yang memiliki minat belajar matematika rendah serta kurangnya inovasi guru dalam mengajar, akhirnya berdampak pada hasil belajar matematika siswa. Dalam hal ini guru sebagai pengajar dituntut untuk melakukan inovasi agar meningkatkan kemampuan dalam menghafal,memahami rumus dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman dalam proses belajar mengajar. Salah satunya adalah inovasi berupa Permainan Truth Or Dare. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pengaruh penerapan permainan Truth Or Dare dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas 3 di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. (2) Mendeskripsikan pengaruh penerapan permainan Truth Or Dare dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas 3 di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. (3) Mendeskripsikan hubungan antara permainan Truth Or Dare terhadap minat dan hasil belajar matematika kelas 3 di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy eksperimen. Pembelajaran matematika dengan materi satuan berat. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 3 di MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas 3A dan 3B MI Darul Huda Pojok Ngantru Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas untuk uji instrumen penelitian, uji normalitas dan uji homogenitas untuk uji prasyarat, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji independent sampel t-test dan uji korelasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan permainan Truth Or Dare terhadap minat belajar siswa kelas 3, hal ini dilihat dari nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. (2) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan permainan Truth Or Dare terhadap hasil belajar siswa kelas 3, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa kelas eksperimen 77,24 dan kelas kontrol 60,48 serta nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. (3) terdapat hubungan yang signifikan antara permainan Truth Or Dare terhadap minat dan hasil belajar hal ini dapat di lihat dari nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Serta nilai pearson correlation keduanya 0,710 yang berarti bahwa terdapat hubungan yang kuat atar keduanya, Hasilnya Ha diterima dan H0 ditolak.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203230 ASTA RINA PRATIWI |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 03:05 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 03:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48695 |
Actions (login required)
View Item |