PLURALISME PERSPEKTIF PAGUYUBAN SUMARAH DI TULUNGAGUNG (Studi Analisis Terhadap Implementasi dan Implikasinya Bagi Kehidupan Umat Beragama)

MUHAMMAD SHAFWAT QALBY, 1880511220016 (2024) PLURALISME PERSPEKTIF PAGUYUBAN SUMARAH DI TULUNGAGUNG (Studi Analisis Terhadap Implementasi dan Implikasinya Bagi Kehidupan Umat Beragama). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (776kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (176kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pluralisme Perspektif Paguyuban Sumarah di Tulungagung (Studi Analisis Terhadap Implementasi dan Implikasinya Bagi Kehidupan Umat Beragama)” ditulis oleh Muhammad Shafwat Qalby, NIM. 1880511220016, Dosen pembimbing: Prof. Dr. Ngainun Naim, M.H.I dan Dr. Muhammad Muntahibun Nafis, M.Ag Kata kunci: Pluralisme, Paguyuban Sumarah, Implementasi, Implikasi Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena kehidupan manusia dalam hubungan sosial. Interaksi manusia dalam menjalankan aktivitasnya ditengah kemajemukan masyarakat. Khususnya di Tulungagung tidak sedikit yang mengalami konflik dan permasalahan, apalagi dalam ranah agama dan kepercayaan. Paguyuban Sumarah adalah salah satu penghayat kepercayaan yang membutuhkan orang lain dalam menjalankan kehidupannya. Hubungan sosial Sumarah menjadi polemik yang menarik dalam kaitannya dengan masyarakat plural. Maka bagaimana Sumarah memaknai Pluralisma serta implenentasi dan implikasinya dengan masyarakat Tulungagung. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana pemahaman dan bentuk pluralisme Paguyuban Sumarah di Tulungagung?. 2) Bagaimana implementasi pluralisme Paguyuban Sumarah ditengah kemajemukan masyarakat?. 3) Bagaimana implikasi penerapan pluralisme bagi Paguyuban Sumarah? Tujuan penelitian ini antara lain adalah untuk memahami makna dan bentuk tentang pluralisme. serta implementasi pluralisme Paguyuban Sumarah ditengah masyarakat majemuk, serta implikasi penerapannya bagi Paguyuban Suamrah. Dalam penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi lapangan. Teknik yang digunakan dalam mencari dan mengumpulkan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya mengunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memaparkan dan menjelaskan sesuai fakta realita yang berkaitan dengan Pluralisme perspektif Paguyuban Sumarah di Tulungagung. Hasil penelitian ini menunjukkan bawha: 1) Paguyuban Sumarah mempunyai konsep laku dalam menjalankan hidup. Kesadaran akan evolusi didapatkan dari sujud Sumarah. Pembuktian sujudnya akan tercurahkan dalam komitmennya untuk menjaga kerukunan dan kedamaian. 2) Penyelenggaraan kegiatan dengan lintas umat menunjukkan akan penyatuan umat dalam satu naungan. Membangun komunikasi yang baik dapat menyelesaikan konflik antar umat. 3) Berperilaku yang baik dan menebarkan kasih sayang adalah komitmen untuk menjaga kedamian umat. Kehadiran Sumarah mampu merubah dan mempengaruhi umat dalam beraktivitas. Pasalnya sering menjadi rujukan dalam penyelesaian konflik antar umat. Serta komitmennya dalam melakukan sujud untuk terus menyambungkankan interkasi antara hamba dan Gusti.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Sosiologi Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Studi Islam
Depositing User: 1880511220016 MUHAMMAD SHAFWAT QALBY
Date Deposited: 20 Jul 2024 13:05
Last Modified: 20 Jul 2024 13:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48833

Actions (login required)

View Item View Item