IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI BOJONEGORO NOMOR 19 TAHUN 2023 TENTANG PEMBERIAN INSENTIF CALON PENGANTIN DI KABUPATEN BOJONEGORO (Studi Kasus Calon Pengantin Di Kabupaten Bojonegoro)

DINDA AYU WARDANI, 126103201010 (2024) IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI BOJONEGORO NOMOR 19 TAHUN 2023 TENTANG PEMBERIAN INSENTIF CALON PENGANTIN DI KABUPATEN BOJONEGORO (Studi Kasus Calon Pengantin Di Kabupaten Bojonegoro). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (427kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (191kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (143kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 19 Tahun 2023 Tentang Pemberian Insentif Calon Pengantin Di Kabupaten Bojonegoro (Studi Kasus Calon Pengantin Di Kabupaten Bojonegoro)” yang ditulis oleh Dinda Ayu Wardani, NIM 126103201010, Jurusan Hukum Tata Negara, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, pembimbing Ahmad Gelora Mahardika, S.IP.,M.H. Kata Kunci: Implementasi, Insentif, Calon Pengantin Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya tingkat pernikahan di kabupaten Bojonegoro, tingginya angka pernikahan dini dan angka stunting, serta mengoptimalkan ekonomi lokal di Kabupaten Bojonegoro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi Perautan Bupati Bojonegoro Nomor 19 Tahun 2023 Tentang Pemberian Insentif Calon Pengantin di Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi linier sederhana. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 75 responden yang diambil dari pendaftar insentif calon pengantin. Data yang diperoleh adalah data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner yang disebarkan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Sebelum adanya program insentif calon pengantin di Kabupaten Bojonegoro, tingkat pernikahan di Kabupaten Bojonegoro terbilang rendah daripada kabupaten lainnya, setalah adanya program insentif ini mungkin terjadi perubahan dan dengan adanya evaluasi dari dua kelompok dapat menjadi dasar untuk perbaikan atau penyesuaian kebijakan di masa depan. 2) Berdasarkan hasil uji R square ditemukan kebijakan publik memiliki pengaruh sebesar 0.538. Menunjukkan bahwa pengaruh terhadap Partisipasi Masyarakat sebesar 53,8%. Hal ini membuktikan bahwa Implementasi Peraturan Bupati Bojonegoro Nomor 19 Tahun 2023 Tentang Pemberian Insentif Calon Pengantin di Kabupaten Bojonegoro (Studi Kasus Calon Pengantin di Kabupaten Bojonegoro) sesuai dengan interval koefisien yaitu 50 – 75 % yang masuk dalam kategori Sedang. Sedangkan sisanya sebesar 46,2% dipengaruhi faktor atau variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. 3) Berdasarkan tabel dan hasil perhitungan uji-t, variabel Pemberian Insentif menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000. Pengambilan keputusan terkait hipotesis didasarkan pada besarnya nilai signifikansi, dimana jika signifikansi lebih kecil atau sama dengan 0,05 (≤ 0,05), maka hipotesis diterima. Dalam penelitian ini, nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan "Apakah Pemberian Insentif berpengaruh positif signifikan terhadap Partisipasi Masyarakat" diterima atau berpengaruh.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Tata Negara
Depositing User: 126103201010 DINDA AYU WARDANI
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:51
Last Modified: 22 Jul 2024 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48853

Actions (login required)

View Item View Item