PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BER QR. CODE PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

AINUR IKE TRI AGUSTIN, 126208201002 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BER QR. CODE PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII MTs DARUL FALAH BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (997kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul ”Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Ber QR. Code Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII Mts Darul Falah Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Ainur Ike Tri Agustin, NIM 126208201002, pembimbing Dr. Eni Setyowati, S. Pd., M.M. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Pop Up Book, QR. Code, Sistem Pencernaan Manusia Penelitian ini dilatar belakangi pada permasalahan kurangnya pemahaman siswa tentang sistem pencernaan pada manusia pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru adalah buku paket sehingga masih kurang inovatif dan menarik yang mengakibatkan peserta didik menjadi kurang bersemangat, kurang aktif dan mudah merasa bosan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan desain pop up book dengan ber QR. Code pada materi sistem pencernaan manusia. 2) Mendeskripsikan kevalidan pop up book dengan ber QR. Code pada materi sistem pencernaan manusia. 3) Mendeskripsikan kepraktisan pop up book dengan ber QR. Code pada materi sistem pencernaan manusia. 4) Mendeskripsikan keefektifan pop up book dengan ber QR. Code pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan pengembangan pada penelitian ini diawali dengan proses analisis (Analyze), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, dokumentasi, angket, dan observasi. Jenis data yang digunakan pada penelitian ini adalah data kuantitatif (yang diperoleh dari hasil angket analisis kebutuhan, hasil validasi, dan preetest posttest yang dirubah dari yang kualitatif menjadi kuantitatif) dan data kualitatif (yang diperoleh dari saran dari semua validator baik itu dari ahli media, ahli materi maupun guru pengampu mata pelajaran IPA). Hasil dari penelitian ini adalah 1) Desain dari pop up book berbantuan QR. Code materi sistem pencernaan pada manusia memiliki komponen yaitu cover, kata pengantar, petunjuk penggunaan pop up book, daftar isi, Capaian Pembelajaran, pengerian sistem pencernaan, macam-macam organ pencernaan manusia, penjelasan setiap organ pencernaan manusia yang terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus, gangguan-gangguan pada sistem pencernaan, daftatr pustaka, biodata penulis, dan cover belakang. 2) Berdasarkan hasil validasi yang meliputi ahli media, ahli materi, dan guru pengampu mata pelajaran IPA. Hasil dari 2 ahli media mendapatkan skor rata-rata 84,5 dengan persentase 93,8% sehingga memperoleh keterangan “Sangat Valid”. Pada hasil validasi ahli materi mendapatkan skor rata-rata 58,5 dengan persentase 90% sehingga memperoleh keterangan “Sangat Valid”. Pada guru pengampu mata pelajaran IPA mendapatkan skor rata-rata 74 dengan persentase 93% sehingga memperoleh keterangan “Sangat Valid”. 3) hasil dari uji keterbacaan peserta didik mendapatkan skor rata-rata 51,76 dengan persentase 86,24% sehingga dikatakan “Sangat Praktis”. Dapat disimpulkan bahwa produk pop up book berbantuan QR. Code pada materi sistem pencernaan manusia “sangat praktis”. 4). Berdasarkan dari hasil hasil preetest dan postest yang dilakukan pada kelas kontrol dan kelas experimen. Pada kelas kontrol hasil preetest rata-rata sebesar 57,6 dan hasil posttest sebesar 83,6. Sedangkan pada kelas eksperimen hasil preetest rata-rata yang diperoleh sebesar 58,6 dan hasil posttest rata-rata sebesar 90. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan jumlah rata-rata sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Berdasarkan perhitungan dan analisis yang dilakukan menggunakan aplikasi IBM Statistics 26 dengan uji Indepedent sampel T-test diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,014 < 0,05) dengan signifikasi positif sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan ketika diberi perlakuan dengan pop up book dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran IPA. Selanjutnya berdasarkan hasil uji N-Gain pada kelas kontrol didapatkan nilai 62,10 (> 0,7) yang mana menunjukkan bahwa kategori yang diperoleh adalah “Sedang Dan Cukup Efektif”. Sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai 77,22 (> 0,7) yang menunjukkan bahwa kategori yang diperoleh adalah “Tinggi dan Efektif”. Berdasarkan hasil-hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pop up book berbantuan QR. Code materi sistem pencernaan dapat meningkatkan pengetahuan peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Manusia
Pendidikan > Media Pembelajaran
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 126208201002 AINUR IKE TRI AGUSTIN
Date Deposited: 22 Jul 2024 02:57
Last Modified: 22 Jul 2024 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48854

Actions (login required)

View Item View Item