ANALISIS PERAN PT INDUSTRI MARMER INDONESIA TULUNGAGUNG (IMIT) TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI DESA BESOLE KECAMATAN CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG.

YULIO EDWIN VERNANDA, 12405193199 (2023) ANALISIS PERAN PT INDUSTRI MARMER INDONESIA TULUNGAGUNG (IMIT) TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM DI DESA BESOLE KECAMATAN CAMPURDARAT KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Peran PT Industri Marmer Indonesia Tulungagung (IMIT) Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam di Desa Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung” yang ditulis oleh Yulio Edwin Vernanda, NIM 12405193199, Yang Dibimbing Oleh Dr. Mochamad Chobir Sirad, M.Pd.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh PT IMIT yang terus berkembang hingga saat ini, hal ini tentunya akan berdampak pada perekonomianmasyarakat sekitar. Dan bagaimana aktivitas perusahaan jika dilihat dari perspektif ekonomi Islam. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah; 1) Bagaimanakah peran PT Industri Marmer Indonesia Tulungagung (IMIT) terhadap peningkatan pendapatan masyarakat Desa Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. 2) Apakah aktivitas PT Industri Marmer Indonesia Tulungagung (IMIT) patuh terhadap prinsip-prinsip ekonomi Islam 3) Bagaimana dampak sosial dari aktivitas PT Industri Marmer Indonesia Tulungagung (IMIT), terhadap perubahan taraf hidup masyarakat Desa Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1)Melalui program dan inisiatifnya, PT IMIT telah signifikan dalam meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Desa Besole. Mereka menciptakan peluang ekonomi, mendukung UMKM, dan aktif berkontribusi pada pembangunan ekonomi dan sosial di Desa Besole, menjaga hubungan positif dengan komunitas lokal, dan berkomitmen untuk memberdayakan masyarakat. 2)PT IMIT telah berusaha untuk menghadirkan prinsip-prinsip ekonomi Islam dalam operasional bisnisnya, namun perusahaan perlu melakukan lebih banyak langkah untuk sepenuhnya mematuhi prinsip-prinsip tersebut, terutama terkait dengan larangan riba. 3)Aktivitas industri, seperti yang dilakukan oleh PT IMIT di Desa Besole, memberikan dampak sosial signifikan dengan menciptakan lapangan kerja dan kontribusi ekonomi positif. Meskipun demikian, dampak lingkungan negatif seperti polusi udara, kerusakan alam, dan perubahan pemandangan juga terjadi. Fokus saat ini adalah mencapai keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan pelestarian lingkungan, dengan memprioritaskan perubahan positif dalam pola hidup dan mata pencaharian, dukungan terhadap komunitas lokal, serta kontribusi pada pembangunan infrastruktur sesuai dengan harapan masyarakat dan tanggung jawab sosial industri. Kata Kunci : Industri, Pendapatan, Kesejahteraan, Sosial, Ekonomi Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akad
Ekonomi > Manajemen Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193199 YULIO EDWIN VERNANDA
Date Deposited: 22 Jul 2024 03:28
Last Modified: 22 Jul 2024 03:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48874

Actions (login required)

View Item View Item