PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN QUESTION CARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS DARUSSALAM ARIYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG

LIA NOVITA SARI, 126204201061 (2024) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN QUESTION CARD TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTS DARUSSALAM ARIYOJEDING REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (7MB)
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Question Card terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Lia Novitasari, NIM. 126204201061 yang dibimbing oleh Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Model Contextual Teaching and Learning, Question Card, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis, karena pembelajaran masih berupa model pembelajaran langsung, yang terkesan kurang menarik dan masih berpusat pada guru. Sehingga dipilih model Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan Question Card. Model CTL adalah model pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan bagi siswa, dimana materi pembelajaran dikaitkan dengan masalah nyata, sehingga siswa akan lebih memahami materi yang diajarkan serta dapat mendorong keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Model ini dibantu dengan media Question Card yang berupa kartu soal disertai gambar bersisi permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung yang diajar dengan model pembelajaran langsung; 2) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung yang diajar dengan model Contextual Teaching and Learning berbantuan Question Card; dan 3) mengetahui pengaruh model Contextual Teaching and Learning berbantuan Question Card terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi experimental dengan desain the nonequivalent posttest-only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik sampling total, dengan kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sampel t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung adalah 63,37 dengan standar deviasi 12,756; 2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis siswa VIII MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung yang diajar dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning berbantuan Question Card 72,57 dengan standar deviasi 11,758; dan 3) terdapat pengaruh model Contextual Teaching and Learning berbantuan Question Card terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII MTs Darussalam Ariyojeding Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201061 LIA NOVITASARI
Date Deposited: 24 Jul 2024 07:21
Last Modified: 24 Jul 2024 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/48972

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item