PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PEMENUHAN HAK NON MATERIIL DALAM KELUARGA BERDASARKAN PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus di Desa Sidorejo, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar)

DHITA ISLAMI DHAMHUDI, 126102202118 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PEMENUHAN HAK NON MATERIIL DALAM KELUARGA BERDASARKAN PERSPEKTIF ISLAM (Studi Kasus di Desa Sidorejo, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (747kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dhita Islami Dhamhudi, 126102202118 Pengaruh Gadget Terhadap Komunikasi dalam Keluarga berdasarkan Perspektif Islam (Studi kasus di Desa Sidorejo Kecamatan Doko Kabupaten Blitar), Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Pembimbing: Ladin, S.H.I., M.H. Kata Kunci : Pengaruh, Gadget, Hak Non Materiil Keluarga, Perspektif Islam Konteks penelitian ini yaitu kurangnya pemberian hak non materiil dalam kehidupan keluarga dikarenakan adanya pengaruh gadget. Hak non materiil seharusnya diterima oleh anak dan suami istri dalam keluarga, karena bukan hanya hak materiil saja yang penting namun juga hak non materiil berupa bimbingan dan perhatian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana pengaruh gadget dalam keluarga di Desa Sidorejo Kecamatan Doko Kabupaten Blitar? 2)Bagaimana pemenuhan hak non materiil dalam keluarga karena adanya pengaruh gadget di Desa Sidorejo Kecamatan Doko Kabupaten Blitar? Metode penelitian ini adalah metode kualitatif, dikarenakan metode ini mampu menghasilkan temuan pengetahuan, mengkontruksi fenomena serta mampu membuat laporan secara sistematis dan rinci terkait penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Sideorejo Kecamatan Doko Kabupaten Blitar. Dalam pengecekan keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi pada sumber data hasil penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Dalam Islam, keluarga harmonis sangat diinginkan, dengan saling pengertian dan toleransi. Di Desa Sidorejo, Kabupaten Blitar, gadget memiliki pengaruh baik dan buruk pada keluarga. Penting untuk mengurangi penggunaan gadget dan lebih banyak berinteraksi dengan keluarga untuk menjaga keharmonisan. 2) Gadget berpengaruh pada hak-hak materiil anak. Anak-anak dapat kehilangan bimbingan dan perhatian orang tua, sedangkan hak-hak materiil suami istri cenderung terpenuhi. Namun, hak-hak non-materiil seperti perhatian dan komunikasi sering terabaikan. Perspektif Islam memperbolehkan penggunaan gadget dalam komunikasi keluarga, tetapi harus diimbangi dengan pengendalian dan kesadaran diri yang tepat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 126102202118 DHITA ISLAMI DHAMHUDI
Date Deposited: 24 Jul 2024 05:00
Last Modified: 24 Jul 2024 05:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49028

Actions (login required)

View Item View Item