POLA PENGASUHAN BERSAMA PASCA PERCERAIAN DEMI KESEJAHTERAAN ANAK DALAM TINJAUAN MUBADALAH (Studi Kasus di Desa Selopuro, Blitar)

I'IK BREVITA, 126102202152 (2024) POLA PENGASUHAN BERSAMA PASCA PERCERAIAN DEMI KESEJAHTERAAN ANAK DALAM TINJAUAN MUBADALAH (Studi Kasus di Desa Selopuro, Blitar). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER,.pdf

Download (840kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (480kB)
[img] Text
DAFTAR ISI,.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (934kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

I’ik Brevita, Nomor Induk Mahasiswa 126102202152, Pola Pengasuhan Bersama Pasca Perceraian Demi Kesejahteraan Anak dalam Tinjauan Mubadalah (Studi Kasus di Desa Selopuro, Blitar), Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, 2024, Dosen Pembimbing Dr. Rohmawati, M. A. Kata kunci: Pola Pengasuhan Bersama, Kesejahteraan Anak, Mubadalah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kewajiban pada ibu dan ayah dalam mengasuh anak pasca prceraian. Dalam keluarga yang sudah bercerai, penting bagi ibu dan ayah untuk bekerja sama dalam mengasuh agar anak tidak terkena dampak negatif. Kerja sama dalam pola pengasuhan bersama memungkinkan anak untuk terus menerima perhatian dan kasih sayang secara konsisten. Dalam hal ini, mubadalah dapat menjadi panduan dalam merancang pola pengasuhan pasca perceraian yang mengedepankan kepentingan anak sebagai fokus utama. mubadalah dapat menjadi dasar etika dan panduan dalam melaksanakan pola pengasuhan, terutama dalam situasi pasca perceraian. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini meneliti tentang Pola Pengasuhan Bersama Pasca Perceraian Demi Kesejahteraan Anak dalam Tinjauan Mubadalah (Studi Kasus di Desa Selopuro, Blitar). Rumusan penelitian ini yaitu 1). Bagaimana praktik pola pengasuhan bersama pasca perceraian terhadap kesejahteraan anak di Desa Selopuro, Blitar? 2). Bagaimana pola pengasuhan bersama pasca perceraian terhadap kesejahteraan anak dalam perspektif mubadalah? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah 1). Menganalisis pemahaman tentang praktik pola pengasuhan bersama pasca perceraian di Desa Selopuro, Blitar. 2). Menganalisis pola pengasuhan bersama pasca perceraian dalam perspektif mubadalah Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu 1).Praktik pola pengasuhan bersama pasca perceraian terhadap kesejahteraan anak di Desa Selopuro, Blitar menyoroti kedua keluarga mengimplementasikan pola pengasuhan demokratis. Meskipun banyak system pengasuhan yang dilakukan keduanya tetap menunjukkan komitmen untuk bekerja sama dalam memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan anak-anak mereka. Penerapan komunikasi yang baik menjadi kunci utama dalam keberhasilan pola pengasuhan bersama. 2).Pola pengasuhan bersama pasca perceraian terhadap kesejahteraan anak dalam perspektif mubadalah sudah tercemin pada praktik yang dilakukan oleh kedua keluarga. Sehingga dalam teori mubadalah yang artinya tentang kesetaraan, kesalingan maupun kerja sama menjelaskan bukan hanya peran ibu saja yang diharuskan mengasuh anak tapi peran ayah juga sangat penting dalam mengasuh anak sehingga anak tetap merasakan kehadiran kedua orang tua walaupun orang tua sudah berpisah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Al Hadist
Kesejahteraan Sosial
Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 126102202152 IIK BREVITA
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:34
Last Modified: 02 Aug 2024 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49139

Actions (login required)

View Item View Item