AVA MUHAMMAD EZIB FAHMI WASIAN, 2814123048 (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS GUIDED INQUIRY DALAM MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (372kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (388kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (214kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (506kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (97kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (295kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Pembelajaran Kontekstual Berbasis Guided Inquiry dalam meneingkatkan Berpikir Kritis Siswa Pada pelajaran matematika Kelas VII di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Ava Muhammad Ezib Fahmi Wasian, NIM. 2814123048. Dibimbing oleh Bapak Dr. Muniri, M.Pd Kata Kunci : Pembelajaran Kontekstual, Guided Inquiry, Berpikir Kritis. Matematika merupakan pelajaran yang memuat angka-angka didalamnya. matematika salah satu pelajaran yang sulit dan ditakuti oleh kebanyakan siswa. Apakah dari penyampaiyan materi oleh pengajar kurang dimengerti siswa atau cara pembelajaran yang diterapkan atau mungkinkah juga dari metode yang digunakan pengajar yang kurang diminati dalam matematika?. Karena itu, dibutuhkan inovasi-inovasi baru dalam hal pengajaran. Sehingga pembelajaran yang dilakukan lebih bermakna. Namun realita yang terjadi sekarang, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika salah satunya disebabkan karena penggunaan metode yang kurang tepat. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa rendah dikarenakan siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu didalam proses mengajar perlu memilih model pembelajaran yang efektif dan efisien. Sehubungan dengan hal di atas, peneliti ingin mengemukakan salah satu inovasi dalam pembelajaran yang efektif dan siswa dapat mengembangkan pikirannya. Inovasi tersebut adalah Pembelajaran Kontekstual Berbasis Guided Inquiry. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui langkah-langkah pembelajaran kontekstual berbasis guided inquiry di kelas VII SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung tahun ajaran 2015/2016, 2) untuk mengetahui berpikir kritis siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhaar tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Adapun teknik tes tulis dan wawancara dalam penelitian ini, untuk mewawancarai guru dan siswa, serta tes tulis digunakan untuk mengetahui berpikir kritis siswa pada pelajaran matematika siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Tes tulis di gunakan di enam subyek siswa diantaranya 2 siswa pintar, 2 siswa sedang, dan 2 siswa kurang pintar di kelas VII C di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) langkah-langkah guru dalam pembelajaran kontekstual berbasis guided inquiry di kelas VII C berdasarkan wawancara mendalam kepada guru matematika yang mengajar di kelas VII C yaitu dengan materi di hubungkan ke dunia nyata dan siswa diberi persoalan sedang guru memberi pancingan-pancingan agar siswa mendapat data dan mengolah data untuk menarik kesimpulan dengan tepat. (2) hasil tes tulis dan wawancara kepada enam subyek siswa 2 diantaranya pada level 3 yaitu Kritis, 3 siswa pada level 2 cukup kritis dan 1 siswa tidak kritis Berpikrr kritis berguna di kehidupan nyata, kita pasti disuguhkan dengan hal-hal yang memancing otak kita untuk berpikir kritis, misalnya kita mengamati bagaimana terjadinya hujan, bagaimana terjadinya bencana alam. Semuanya membuat kita untuk berpikir kritis. Dengan kita berpikir kritis kita akan lebih mudah dalam memecahkan suatu masalah dengan tepat.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | S. Pd 2814123048 ava muhammad ezib fahmi wasian |
Date Deposited: | 27 Mar 2017 06:50 |
Last Modified: | 27 Mar 2017 06:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4918 |
Actions (login required)
View Item |