INTAN CITRA SAPUTRI, 126207203090 (2024) MANAJEMEN SEKOLAH ADIWIYATA DALAM UPAYA MENANAMKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA SMAN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (896kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (303kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (784kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Sekolah Adiwiyata dalam Upaya Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan pada Siswa SMAN 2 Trenggalek” ini ditulis oleh Intan Citra Saputri, NIM. 126207203090, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen, Sekolah Adiwiyata, Karakter Peduli Lingkungan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan lingkungan yang terjadi semakin kompleks, banyak faktor penyebab terjadinya kerusakan tersebut, salah satunya karena krisisnya karakter peduli lingkungan pada manusia. Banyak individu yang hanya memanfaatkan alam namun enggan untuk menjaga dan melestarikannya. Karakter peduli lingkungan hendaknya ditanamkan sejak dini sebagai upaya pelestarian lingkungan dikemudian hari. Penerapan sekolah adiwiyata di suatu lembaga pendidikan sangat diperlukan untuk membangun karakter peduli lingkungan pada siswa. Adanya manajemen sekolah adiwiyata sebagai upaya lembaga pendidikan untuk mengembangkan pengelolaan lingkungan hidup melalui perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen sekolah adiwiyata di SMAN 2 Trenggalek dengan fokus penelitian: 1) Bagaimana perencanaan sekolah adiwiyata dalam upaya menanamkan karakter peduli lingkungan pada siswa SMAN 2 Trenggalek?; 2) Bagaimana pelaksanaan sekolah adiwiyata dalam upaya menanamkan karakter peduli lingkungan pada siswa SMAN 2 Trenggalek?; 3) Bagaimana pengawasan sekolah adiwiyata dalam upaya menanamkan karakter peduli lingkungan pada siswa SMAN 2 Trenggalek; 4) Apa saja faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam upaya menanamkan karakter peduli lingkungan pada siswa SMAN 2 Trenggalek? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang akademik, wakil kepala sekolah bidang sarana prasarana, ketua tim adiwiyata, guru pembina adiwiyata, dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dengan langkah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan sekolah adiwiyata dalam upaya menanamkan karakter peduli lingkungan pada siswa SMAN 2 Trenggalek dengan membentuk tim adiwiyata, melakukan kajian lingkungan, membentuk rencana aksi/perencanaan program kegiatan, menyusun visi, misi dan tujuan sekolah, serta merumuskan anggaran dana kegiatan dan sarana prasarana pendukung program adiwiyata. 2) Pelaksanaan sekolah adiwiyata dalam upaya menanamkan karakter peduli lingkungan pada siswa SMAN 2 Trenggalek meliputi adanya sosialisasi program adiwiyata, implementasi kurikulum berbasis lingkungan, pelaksanaan program kegiatan adiwiyata, menjalin kerja sama dengan pihak eksternal, serta adanya kedisiplinan yang ditunjukkan siswa pada pelaksanaan program adiwiyata. 3) Pengawasan sekolah adiwiyata dalam upaya menanamkan karakter peduli lingkungan pada siswa SMAN 2 Trenggalek dilakukan secara internal oleh kepala sekolah dan pembina adiwiyata, sedangkan pengawasan secara eksternal dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Tim Adipura Kabupaten Trenggalek. 4) Faktor penghambat dan pendukung program adiwiyata datang dari segi internal dan eksternal. Sekolah mengatasi hambatan dengan gencar melakukan sosialisasi dan sidak terhadap kelalaian pihak internal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207203090 INTAN CITRA SAPUTRI |
Date Deposited: | 01 Aug 2024 07:35 |
Last Modified: | 01 Aug 2024 07:35 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49191 |
Actions (login required)
View Item |