PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN BRYOPHYTA DI KAWASAN AIR TERJUN DOLO KABUPATEN KEDIRI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI

DARIS SALMA SEPTIYANA, 12208193130 (2023) PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN BRYOPHYTA DI KAWASAN AIR TERJUN DOLO KABUPATEN KEDIRI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (9MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (8MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Booklet Keanekaragaman Bryophyta Di Kawasan Air Terjun Dolo Kabupaten Kediri Sebagai Sumber Belajar Biologi” yang ditulis oleh Daris Salma Septiyana dengan NIM 12208193130, dosen pembimbing Arbaul Fauziah, M. Si. Kata Kunci: Pengembangan, Booklet, Bryophyta, Sumber Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi karena belum adanya penelitian terkait keanekaragaman jenis tumbuhan lumut yang ada di air terjun Dolo Kediri. Selain itu, terdapat terdapat sekolah dalam hal ini MA Bustanul Mutta’limin Kota Blitar yang siswanya banyak beranggapan bahwa materi tumbuhan lumut sulit dan menginginkan adanya pengembangan media pembelajaran yang menarik dalam hal ini adalah booklet. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui keanekaragaman tumbuhan lumut (Bryophyta) di kawasan Air Terjun Dolo Kediri. (2) Untuk mengetahui kevalidan pengembangan booklet keanekaragaman tumbuhan lumut (Bryophyta) sebagai sumber belajar Biologi. (3) Untuk mengetahui kepraktisan pengembangan booklet keanekaragaman tumbuhan lumut (Bryophyta) sebagai sumber belajar Biologi. (4) Untuk mengetahui keefektifan pengembangan booklet keanekaragaman tumbuhan lumut (Bryophyta) sebagai sumber belajar Biologi. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian, penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Pada tahap analisis, dilakukan analisis kebutuhan, diantaranya analisis kebutuhan dengan guru pengampu dan analisis kebutuhan siswa. Pada tahap desain dilakukan observasi ke Kawasan Air Terjun Dolo Kediri. Pada tahap pengembangan dilakukan pengembangan sumber belajar dengan membuat storyboard kemudian dilanjutkan pembuatan booklet sesuai dengan storyboard yang telah dirancang. Desain uji coba pada penelitian ini meliputi validasi ahli dan uji keterbacaan. Pada tahap implementasi dilakukan uji coba produk dengan sebelumnya memberikan pretest sebelum diberikannya produk dan memberikan postest setelah diberikan produk. Sampel pada penelitian ini yakni siswa kelas 10 jurusan IPA MA Bustanul Mutaallimin Kota Blitar. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, studi literatur dan tes. Booklet dikembangkan menggunakan model ADDIE, terdiri dari 5 tahapan yaitu Analyze (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Booklet didesain dengan menggunakan aplikasi Canva yang bisa diakses melalui bentuk pdf ataupun dicetak menggunakan keras Art. Selanjutnya Validasi booklet oleh ahli materi, ahli media dan uji keterbacaan yang dilakukan oleh peserta didik. Hasil penelitian di kawasan air terjun Dolo Kediri meliputi, (1) Ditemukan dua belas spesies tumbuhan lumut diantaranya Marchantia paleacea, Marchantia geminate, Pogonatum nessii, Homalothecium lutescens, Thuidium kiesense, Riccia fluitans, Sphagnum sp., Bryum argenteum, Bryum cellulare, Phaeoceros laevis, Monoclea forsteri, dan Brachymenium indicum. (2) Hasil validasi ahli materi adalah 76% dengan kategori layak dan berdasarkan penilaian ahli media diperoleh persentase 76% yang berarti layak. (3) Hasil kepraktisan atau uji keterbacaan yang dilakukan pada peserta didik diperoleh persentase 79,5% yang berarti baik. (4) Hasil keefektifan diperoleh berdasarkan hasil perhitungan dan analisis melalui IBM SPSS statistik 25 dengan menggunakan uji Paired sample T- Test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) yaitu 0,000 (< 0,05) yang artinya terdapat adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal pretest dengan variabel akhir post test sehingga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam > Belajar
Biologi > Ekosistem
Biologi > Hewan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193130 DARIS SALMA SEPTIYANA
Date Deposited: 01 Aug 2024 02:00
Last Modified: 01 Aug 2024 02:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49206

Actions (login required)

View Item View Item