IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 3 SRENGAT BLITAR PADA MATERI PERBANDINGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK FIVE-TIER MULTIPLE CHOICE

FAHIMATUS SOLIKHAH, 126204201007 (2024) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 3 SRENGAT BLITAR PADA MATERI PERBANDINGAN MENGGUNAKAN TES DIAGNOSTIK FIVE-TIER MULTIPLE CHOICE. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (819kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (636kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Identifikasi Miskonsepsi Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Srengat Blitar pada Materi Perbandingan Menggunakan Tes Diagnostik Five-Tier Multiple Choice” ini ditulis oleh Fahimatus Solikhah, NIM 126204201007, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci : Miskonsepsi Matematika, Materi Perbandingan Kelas VII, Tes Diagnostik Five-Tier Multiple Choice Matematika merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang perlu dipahami konsepnya karena setiap tingkatannya saling berkaitan. Pemahaman konsep matematika oleh peserta didik yang tidak sesuai dengan konsep para ahli matematika disebut sebagai miskonsepsi matematika. Salah satu materi yang erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari yani perbandingan, oleh kaena itu penting untuk memahami konsep materi tersebut. Salah satu cara untuk mengidentifikasi miskonsepsi yakni dengan tes diagnostik five-tier multiple choice. Tujuan dari penelitian ini yakni : 1) untuk mengetahui miskonsepsi peserta didikSMP Negeri 3 Srengat Blitar pada materi perbandingan menggunakan tes diagnostik five-tier multiple choice. 2) untuk mengetahui sumber yang menjadi penyebab miskonsepsi peserta didik SMP Negeri 3 Srengat Blitar pada materi perbandingan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data yang diperoleh berupa hasil tes diagnostik five-tier multiple choice, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian untuk tes sebanyak 28 siswa kelas VII B. sedangkan subjek wawancara sebanyak 4 siswa yang teridentifikasi miskonsepsi tertinggi. Analisis data dapat dilakukan dengan tiga tahapan, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dapat dilihat dari triangulasi dan ketekunan pengamatan. Hasil penelitian yaitu, 1) Teridentifikasi peserta didik mengalami Miskonsepsi False + sebanyak 20%, Miskonsepsi False – sebanyak 13% dan Miskonsepsi sebanyak 19%. Jenis miskonsepsi yang sering terjadi yakni miskonsepsi teoritikal dengan persentase 35%, miskonsepsi dasar dan miskonsepsi interpretasi bahasa dengan persentase yang sama yakni 20%, miskonsepsi perhitungan dan miskonsepsi korelasional dengan persentase masing-masing 15% dan 10%. 2) sumber miskonsepsi yang sering terjadi berasal dari pemikiran pribadi peserta didik dengan persentase sebanyak 61% dikarenakan keyakinan peserta didik dengan konsep yang salah. Sumber lain yakni guru dengan persentase 23%. dikarenakan guru kurang memperhatikan prakonsepsi peserta didik serta lebih menekankan soal daripada menekankan konsep sehingga peserta didik terbiasa mnenghafal tanpa mengetahui konsep yang benar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kesulitan Belajar
Matematika > Perbandingan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204201007 FAHIMATUS SOLIKHAH
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:52
Last Modified: 26 Jul 2024 07:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49235

Actions (login required)

View Item View Item