PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI MI AL-HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG

NURUL KUZAIMAH, 126205202126 (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR IPA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI MI AL-HIDAYAH 01 BETAK KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (635kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (189kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Modul Ajar IPA Berbasis Contextual Teaching And Learning kelas IV MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Nurul Kuzaimah, NIM 126205202126, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Hafidz Rosyidiana, M.Pd., NIP 198904292020121008. Kata Kunci: Pengembangan, modul, IPA, Contextual teaching and learning Modul ajar merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran, tetapi masih banyak ditemui bahwasannya dalam pembelajaran pendidik masih berfokus dengan buku paket dan LKS. Berkaitan dengan hal tersebut, maka diperlukan adanya pengembangan bahan ajar berupa modul yang menarik, variatif, mudah dipahami untuk peserta didik kelas IV MI/SD. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimana pengembangan modul ajar IPA berbasis Contextual Teaching And Learning kelas IV di MI/SD, (2) bagaimana respon siswa terhadap pengembangan modul ajar IPA berbasis Contextual Teaching And Learning kelas IV di MI/SD, (3) bagaimana keefektifan penggunaan pengembangan modul ajar IPA berbasis Contextual Teaching And Learning kelas IV di MI/SD. Adapun tujuannya untuk mengetahui respon siswa dan keefektifan modul ajar IPA berbasis Contextual Teaching And Learning kelas IV di MI/SD. Sasaran dari penelitian dan pengembangan ini adalah peserta didik kelas IV MI Al-Hidayah 01 Betak Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengambangan 4-D (Four D). Adapun langkah pengembangan yang dilakukan oleh peneliti adalah (1) Tahap pendefinisan (define), (2)Tahap perancangan (design),(3) Tahap pengembangan (development),dan (4) Tahap penyebaran (disseminate) dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket dengan skala Likert. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, serta angket pendidik dan peserta didik. Hasil penelitian dengan pengembang an modul IPA berbasis CTL menunjukkan bagaimana modul IPA yang dibuat kemudian memperoleh hasil sebagai berikut: (1) Hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 75% dengan kriteria valid. Hasil validasi ahli media memperoleh rata-rata 93% dengan kriteria sangat valid. sedangkan respon pendidik memperoleh nilai rata-rata 75% dengan kriteria efektif. (2) Untuk Respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata 94% dengan kriteria sangat efektif. (3) Hasil dari keefektifan penggunaan modul IPA mendapatkan hasil penilaian pretest dan postest mendapat persentase rata rata 0,7743 jadi nilai ini lebih besar dari g >0,7 dengan kriteria tinggi. Kemudian untuk Ngain_persen nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 77,4333 jadi nilai ini lebih besar dari 76%. Maka tafsirannya adalah mendapatkan kriteria efektif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202126 NURUL KUZAIMAH
Date Deposited: 05 Aug 2024 07:16
Last Modified: 05 Aug 2024 07:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49248

Actions (login required)

View Item View Item