PENATAAN PEDAGANG PELATARAN DI KAWASAN PASAR NGEMPLAK DITINJAU DARI PERATURAN DAERAH TULUNGAGUNG NOMOR 1 TAHUN 2018 DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Pasar Ngemplak Kabupaten Tulungagung)

DIVA ARSHANDA TRIANTIKA, 126101201029 (2024) PENATAAN PEDAGANG PELATARAN DI KAWASAN PASAR NGEMPLAK DITINJAU DARI PERATURAN DAERAH TULUNGAGUNG NOMOR 1 TAHUN 2018 DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Pasar Ngemplak Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (827kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (612kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul PENATAAN PEDAGANG PELATARAN DI KAWASAN PASAR NGEMPLAK DITINJAU DARI PERATURAN DAERAH TULUNGAGUNG NOMOR 1 TAHUN 2018 DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus di Pasar Ngemplak Kabupaten Tulungagung)yang ditulis oleh Diva Arshanda Triantika 126101201029, Penataan Pedagang Pelataran Dikawasan Pasar Ngemplak Ditinjau dari Peraturan Daerah Tulungagung Nomor 1 Tahun 2018 dan Hukum Islam (Studi Kasus Pasar Ngemplak Tulungagung), Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Jurusan Syariah, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah, 2024, Pembimbing : Dr. Kutbuddin Aibak, S.Ag., M.H.I Kata Kunci : Penataan Pedagang Pelataran, Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2018, Hukum Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pedagang pelataran yang berjualan didepan pasar dimana hal tersebut belum sesuai dengan kriteria Peraturan Daerah Tulungagung No 01 Tahun 2018 tentang Penataan dan Pembinaan Pasar Rakyat, Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan, sehingga penataan perlu dilakukan untuk menciptakan keadilan antar pedagang. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Penataan Pedagang Pelataran Dikawasan Pasar Ngemplak? 2) Bagaimana Penataan Pedagang Pelataran Dikawasan Pasar Ngemplak Ditinjau dari Peraturan Daerah Tulungagung Nomor 1 Tahun 2018? 3) Bagaimana Penataan Pedagang Pelataran Dikawasan Pasar Ngemplak Ditinjau dari Hukum Islam? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan penataan pedagang pelataran di kawasan pasar ngemplak Tulungagung, Menganalisis penataan pedagang pelataran di kawasan pasar ngemplak Tulungagung ditinjau dari Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 1 tahun 2018 dan menganalisis penataan pedagang pelataran di kawasan pasar ngemplak Tulungagung berdasarkan tinjauan hukum Islam. Jenis Penelitian yang digunakan dalam peneliti adalah metode kualitatif dan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan Teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian Pengecekan Keabsahan Data yang digunakan adalah Triangulasi dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penataan pedagang pelataran di kawasan Pasar Ngemplak Tulungagung masih belum menerapkan sistem zonasi. Jika dikaitkan dengan kedisiplinan para pedagang masih belum bisa dikatakan baik karena kurangnya kesadaran hukum. 2) Penataan pedagang pelataran di kawasan Pasar Ngemplak ditinjau dari Peraturan Daerah Tulungagung No 1 Tahun 2018 masih belum sepenuhnya sesuai dengan kriteria yang tercantum sebagaimana dalam pasal 14 ayat 3. 3) Penataan Pedagang Pelataran di Kawasan Pasar Ngemplak ditinjau dari hukum islam masih dibutuhkan adanya kerjasama yang lebih baik antara pihak pengelola dan para pedagang masih untuk mencapai tujuan dari fiqh siyasah yaitu mengatur kemaslahatan antar umat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Jual Beli
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: 126101201029 DIVA ARSHANDA TRIANTIKA
Date Deposited: 02 Aug 2024 04:44
Last Modified: 02 Aug 2024 04:44
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49267

Actions (login required)

View Item View Item