PENGARUH INFLANSI, PRODUK DOMESTIK BRUTO, DAN NILAI TUKAR TERHADAP JAKARTA ISLAMIC INDEX (Studi Kasus Pada periode 2015-2022)

AHMAD IBNU NAJIB, 126406203257 (2024) PENGARUH INFLANSI, PRODUK DOMESTIK BRUTO, DAN NILAI TUKAR TERHADAP JAKARTA ISLAMIC INDEX (Studi Kasus Pada periode 2015-2022). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (749kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Inflasi, Produk Domestik Bruto dan Nilai Tukar Terhadap Jakarta Islamic Index (JII)” ini ditulis oleh Ahmad Ibnu Najib, NIM 126406203257, pembimbing Dr. H. Mashudi, M. Pd. I. Pada penelitian ini berfokus pada pengaruh yang terjadi terhadap harga saham karena pada umumnya harga saham berfluktuasi terus-menerus terjadi itu ada sebabnya, Jakarta Islamic Index (JII) adalah badan keuangan yang berkembang dengan menganut sistem syariah dan menerapkan batasan-batasan secara syariah. Jakarata Islamic index (JII) dibentuk juga bertujuan untuk megukur apakah minat dipasar modal syariah mengalami peningkatan atau tidak. Harga saham Jakarta Islamic index (JII) berfluktuasi sama dengan harga saham lainnya, untuk itu investor perlu mempertimbangkan apa saja yang mempengaruhi fluktuasi harga saham tersebut. Diantara faktor-faktor tersebut yaitu inflasi, Produk Domestik Bruto dan nilai tukar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) pengaruh signifikan inflasi terhadap harga saham Jakarta Islami index (JII), 2) pengaruh signifikan Produk Domestik Bruto terhadap harga saham Jakarta Islami index (JII), 3) pengaruh signifikan nilai tukar terhadap harga saham Jakarta Islami index (JII), 4) pengaruh signifikan inflasi, Produk Domestik Bruto dan nilai tukar terhadap harga saham Jakarta Islami index (JII). Periode yang digunakan pada penelitian ini berfokus mulai Januari 2015 – Desember 2022 dengan bentuk triwulan yang sampel nya berjumlah 32. Penelitian ini menggunakan data sekunder dan teknik sampling yaitu teknik purposive sampling. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan analisis linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data yang dihasilkan bahwa secara parsial 1) Inflasi mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham Jakarta Islamic Index (JII), 2) Produk Domestik Bruto menunjukkan bahwa berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap harga saham Jakarta Islamic Index (JII), 3) Nilai tukar berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham Jakarta Islamic index (JII), 4) secara simultan inflasi, Produk Domestik Bruto dan nilai tukar berpengaruh terhadap harga saham Jakarta Islamic Index (JII). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu setiap faktor menunjukan pengaruh yang berbeda-beda tetapi pada dasarnya sama-sama memberikan pergaruh terhadap harga saham Jakarta Islamic Index (JII). Kata Kunci: inflasi, Produk Domestik Bruto, nilai tukar, Jakarta Islamic Index (JII)

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pasar Modal
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: 126406203257 AHMAD IBNU NAJIB
Date Deposited: 29 Jul 2024 01:50
Last Modified: 29 Jul 2024 01:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49316

Actions (login required)

View Item View Item