KETAHANAN KELUARGA PADA PASANGAN LANJUT USIA DITINJAU DARI PERSPEKTIF KELUARGA MASLAHAH (Studi Kasus di Desa Jatimulyo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung)

DIKY RIVAY ARDIANSYAH, 12102193177 (2023) KETAHANAN KELUARGA PADA PASANGAN LANJUT USIA DITINJAU DARI PERSPEKTIF KELUARGA MASLAHAH (Studi Kasus di Desa Jatimulyo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (850kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Diky Rivay Ardiansyah, 12102193177, Ketahanan Keluarga Pada Pasangan Lanjut Usia Ditinjau dari Perspektif Keluarga Maslahah (Studi Kasus di Desa Jatimulyo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung), Program Studi Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Husnul Haq, Lc., M.A., Ph.D. Kata Kunci: Ketahanan Keluarga, Lanjut Usia, Keluarga Maslahah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya praktik ketahanan keluarga pada pasangan lanjut usia di Desa Jatimulyo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung terdapat eksplorasi peran komunikasi dalam membangun ketahanan keluarga, termasuk cara keluarga berkomunikasi satu sama lain dan bagaimana komunikasi dapat mempengaruhi kesejahteraan pada pasangan lanjut usia. Ketahanan keluarga pada pasangan lanjut usia merupakan kemampuan sebuah keluarga untuk mengatasi tantangan dan stres dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana ketahanan keluarga pada pasangan lanjut usia di Desa Jatimulyo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. (2) Bagaimana ketahanan keluarga pada pasangan lanjut usia di Desa Jatimulyo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung ditinjau dari perspektif keluarga maslahah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan praktik ketahanan keluarga pada pasangan lanjut usia di Desa Jatimulyo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung. (2) Menganalisis praktik ketahanan keluarga pada pasangan lanjut usia di Desa Jatimulyo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung ditinjau dari perspektif keluarga maslahah. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi lapangan yang bertujuan untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang objek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian yang digunakan ialah analisis data dengan cara kualitatif terdapat pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian adalah: (1) Dalam keluarga lanjut usia di Desa Kauman Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung ditemukan fakta bahwa di dalam keluarganya di isi dengan ketentraman, keharmonisan, sehat jasmani maupun rohani, dan rasa sayang serta saling melengkapi. Selain itu keluarga pada pasangan lanjut usia memiliki prinsip maupun komunikasi yang baik, serta memikul tanggung jawab untuk mewujudkan keluarga yang akan memberikan pengaruh baik kepada lingkungan sekitar. (2)Ditinjau dari perspektif keluarga maslahah ketahanan keluarga pada pasangan lenjut usia di Desa Jatimulyo Kecamatan Kauman Kabupaten Tulungagung tersebut sudah sesuai dengan konsep dan prinsip yang ada dalam keluarga maslahah. Keluarga maslahah adalah keluarga yang dapat memenuhi atau memelihara kebutuhan primer (pokok), baik lahir maupun batin sehingga dapat mewujudkan maslahat dan kesejahteraan bagi umat manusia.

Item Type: Skripsi
Subjects: Hukum > Hukum Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah Dan Ilmu Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: 12102193177 DIKY RIVAY ARDIANSYAH
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:34
Last Modified: 31 Jul 2024 02:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/49540

Actions (login required)

View Item View Item