Ni’mah, Hestina Rohmatu (2013) Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Teknik Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII-B MTs Al- Huda Bandung Tulungagung Tahun Ajaran 2012/2013. [ Skripsi ]
|
Text
B-COVER SAMPUL DALAM SKRIPSI.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
L-ABSTRAK.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
M-BAB 1_coPy (Repaired)_ (Repaired).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Hasil Belajar, Kooperatif, Teknik Make a Match, Lingkaran Penelitian ini dilator belakangi oleh penemuan masalah yang menunjukkan bahwa hanya sebagaian kecil peserta didik yang mampu menguasai materi. Kenyataan yang ada pembelajaran matematika yang banyak diterapkan guru di sekolah adalah dengan menggunakan pendekatan konvensional. Sehingga siswa merasa bosan, kurangnya antusias saat pembelajaran dan ini berpengaruh terhadap hasil belajar khususnya pelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif dengan teknik make a match dapat meningkatkan keberhasilan belajar matematika pada materi lingkaran siswa kelas VIII-B MTs Al- Huda Bandung Tulungagung tahun pelajaran 2012/2013? (2) Bagaimana hasil keberhasilan belajar matematika pada materi lingkaran siswa kelas VIII-B MTs Al-Huda Bandung Tulungagung tahun ajaran 2012/2013 menggunakan pembelajaran kooperatif dengan teknik make a match?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang mana setiap siklus dibagi menjadi dua kali pertemuan. Dalam satu siklus ada empat tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasidan, (4) Refleksi. Prosedur pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa data kualitatif yang lebih bersifat natural, deskriptif, induktif, dan menemukan makna dari suatu fenomena.Subjek pengumpulan data pada penelitian ini adalah siswakelas VIII-B MTs Al- Huda Bandung Tulungagung tahun ajaran 2012/2013. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan tahap pembentukan kelompok, presentasi peneliti, belajar secara individu, belajar kelompok, pelaksanaan tes akhir pada setiap siklus, dan perhitungan nilai kelompok serta pemberian penghargaan bagi kelompok. Peningkatan hasil belajar ini juga dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa pada siklus I yaitu sebesar 65,56 dengan keberhasilan klasikal 38,46%,dan rata-rata hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan14,39 dari siklus I yaitu sebesar 79,95 dengan keberhasilan klasikal 79,49%. Sehingga sesuai dengan pembahasan analisis data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa keberhasilan belajar materi lingkaran pada siswa kelas VIII-B MTs Al- Huda Bandung Tulungagung tahun ajaran 2012/2013 meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif teknik Make a Match.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 09 Dec 2014 07:43 |
Last Modified: | 09 Dec 2014 07:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/497 |
Actions (login required)
View Item |