Analisis Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Lingkaran Kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017

Annisa Dwirizkita, 2814133016 (2017) Analisis Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Lingkaran Kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (192kB)
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Annisa Dwirizkita, 2814133016, 2017, Analisis Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Lingkaran Kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Materi Lingkaran Kemampuan komunikasi matematis peserta didik mencerminkan seberapa jauh pemahaman matematis dan letak kesalahan konsep mereka. Kurangnya pemahaman siswa dalam mengkontruksi pengetahuannya menjadikan siswa tidak dapat mengomunikasikan ide-ide matematisnya. Hal tersebut menyebabkan siswa kurang mampu dalam memahami suatu persoalan yang ada pada soal. Proses komunikasi matematika juga sangat diperlukan guna menyelesaikan soal berbentuk soal cerita. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan: kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan tiap-tiap kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal cerita materi lingkaran kelas VIII SMPN 1 Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, tes dan wawancara. Metode pengumpulan data tersebut diberikan kepada kelas VIII-B SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Pelaksanaan tes diikuti oleh 39 siswa dari 40 siswa dengan 5 butir soal. Hasil tes tersebut diidentifikasi dan digolongkan menurut tingkat kemampuan matematika siswa. Kemudian dipilih 6 siswa, masing-masing 2 siswa untuk mewakili siswa kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa: (1) siswa kemampuan matematika tinggi memenuhi kriteria: mengorganisasi dan mengkonsolidasi ide matematis melalui komunikasi; mengkomunikasikan ide matematika secara logis dan jelas kepada teman, guru, dan lainnya; menganalisis dan mengevaluasi ide matematis dan strategi lain; menggunakan bahasa matematika untuk menyatakan ide matematis secara tepat, (2) siswa kemampuan matematika sedang memenuhi kriteria: mengorganisasi dan mengkonsolidasi ide matematis melalui komunikasi; mengkomunikasikan ide matematika secara logis dan jelas kepada teman, guru, dan lainnya; menggunakan bahasa matematika untuk menyatakan ide matematis secara tepat; namun kurang dalam menganalisis dan mengevaluasi ide matematis dan strategi lain, (3) siswa kemampuan matematika rendah memenuhi kriteria: menggunakan bahasa matematika untuk menyatakan ide matematis secara tepat, kriteria tersebut juga tidak lengkap dipenuhi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133016 Annisa Dwirizkita
Date Deposited: 13 Jun 2017 06:28
Last Modified: 13 Jun 2017 06:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5021

Actions (login required)

View Item View Item