PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN SKALA USAHA TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA UMKM (Studi Kasus Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kabupaten Tulungagung)

DIAH AYU PRAMESWARI, 126403202133 (2024) PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN SKALA USAHA TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA UMKM (Studi Kasus Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (609kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Tingkat Pendidikan, dan Skala Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UMKM (Studi Kasus Pada Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Kabupaten Tulungagung)” ditulis oleh Diah Ayu Prameswari, NIM. 126403202133, Program Studi Akuntansi Syariah, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dengan pembimbing Fia Rahma, S.E., M.S.A. Penelitian ini membahas tentang kurangnya pemahaman para pelaku UMKM terkait penggunaan informasi akuntansi masih rendah. Rendahnya hal tersebut dapat menyebabkan kegagalan dalam mengembangkan dan menghambat dalam proses pengambilan keputusan oleh pelaku UMKM. Penggunaan informasi akuntansi dapat dilihat dari banyaknya pengetahuan akuntansi yang dimiliki, tingginya tingkat pendidikan yang dimiliki pelaku usaha, serta dapat dilihat dari skala atau besar kecilnya usaha yang dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh pengetahuan akuntansi, tingkat pendidikan, dan skala usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi, (2) menganalisis pengaruh pengetahuan akuntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi, (3) menganalisis pengaruh tingkat pendidikan terhadap penggunaan informasi akuntansi, (4) menganalisis pengaruh skala usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Nonprobability Sampling dengan metode Accidental Sampling. Dengan teknik tersebut diperoleh 100 responden sebagai sampel. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan penyebaran kuesioner. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner pada pelaku UMKM di Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistics 26. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Pengetahuan akuntansi, tingkat pendidikan, dan skala usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. (2) Pengetahuan akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. (3) Tingkat pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. (4) Skala usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. (5) Pengetahuan akuntansi, tingkat pendidikan, dan skala usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. Kata Kunci: Pengetahuan Akuntansi, Tingkat Pendidikan, Skala Usaha, dan Penggunaan Informasi Akuntansi

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Akuntansi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Akutansi Syariah
Depositing User: 126403202133 DIAH AYU PRAMESWARI
Date Deposited: 07 Aug 2024 02:52
Last Modified: 07 Aug 2024 02:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50299

Actions (login required)

View Item View Item