DARWIS SETIAWAN, 126205202174 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LIVEWORKSHEET DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPAS MATERI EKOSISTEM DI MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (186kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (212kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (301kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi materi kepada peserta didik yang dapat merangsang sistem pikiran, perasaan, perhatian dan kemauan belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran yang baik dan tercapianya tujuan pembelajaran. Salah satu pokok komponen yang termuat di dalam media adalah materi pelajaran. Mata pelajaran penting yang diajarkan salah satunya Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Ada beberapa permasalahan dalam pembelajaran IPAS materi ekosistem seperti hanya mengguanakan buku, tidak menggunakan media sehingga siswa menjadi kurang minat dalam proses pembelajaran berlangsung. Pengembangan media pembelajaran berupa media liveworksheet dalam meningkatkan motivasi belajar perlu dilakukan guna tujuan pembelajaran terpenuhi dan pross pembelajaran lebih menarik. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Menganalisis kebutuhan media liveworksheet dalam proses pembelajaran pada materi ekosistem di MIN 2 Blitar, 2) Mendesain media liveworksheet dalam proses pembelajaran pada materi ekosistem di MIN 2 Blitar, 3) Mengembangkan media liveworksheet dalam proses pembelajaran pada materi ekosistem di MIN 2 Blitar, 4) Mengimpementasikan media liveworksheet dalam proses pembelajaran pada materi ekosistem di MIN 2 Blitar, 5) Mengevaluasi media liveworksheet dalam proses pembelajaran pada materi ekosistem di MIN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D dan pengembangan dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Impementation, Evaluation). Hasil pengembangan ini berupa media liveworksheet dalam meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran IPAS materi ekosistem di MIN 2 Blitar. Subjek penelitian ini merupakan siswa/i kelas V MIN 2 Blitar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif yaitu nilai angket valditas dan angket motivasi belajar, sedangkan data kualitatif berupa kritik dan saran atau masukan dari para ahli, yaitu ahli bahasa, ahli materi dan ahli media. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian: 1). Analisis yang digunakan dalam penelitian dibagi menjadi 2 yaitu analisis kebutuhan dan analisis kurikulum. Analisis kebutuhan meliputi permasalahan siswa dalam proses pembelajaran, sedangkan analisis kerja meliputi kurikulum merdeka, materi ekosistem dan ananlisis media liveworksheet 2). Desain atau perencanaan merupakan proses awal dalam penyususnan media pembelajaran yang akan dikembangkan setelah melakukan analisis kerja dan ananlisis kebutuhan. Desain disusun secara runtut dan dibuat semenarik mungkin supaya materi dapat tersampaikan dengan baik kepada siswa. Desain produk yang akan dikembangkan peneliti di buat dengan perancangan liveworksheet dengan bantuan aplikasi canva. 3). Pengembangan dibagi menjadi yaitu pembuatan produk, validasi para ahli dan revisi produk. Proses validasi produk dilakukan oleh dosen Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung sebagai validator ahli media, ahli bahasa dan guru kelas VD MIN 2 Blitar sebagai validator materi dan hasil dari validasi menyatakan valid. 4). media sangat berperan penting dalam meningkatkan motivasi siswa. Dari sebelum penggunaan media motivasi belajar siswa meraih nilai 68,6% hanya terbilang cukup valid yang artinya kemampuan siswa hanya sebatas rata-rata. Sedangkan setelah menggunakan media liveworksheet motivasi belajar siswa meningkat dan memperoleh nilai 85,3% karena media yang digunakan mampu merangsang pikiran siswa. Selisih nilai sebelum dan sesudah yaitu 16,7%, 5). Evaluasi digunakan dalam membangun pengembangan media liveworksheet menjadi media yang lebih interaktif, inovatif dan praktis digunakan dalam proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun luar kelas. Evaluasi dalam peneltian ini digunakan untuk umpan balik terhadap pengembangan media agar layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202174 DARWIS SETIAWAN |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 01:56 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 01:56 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50467 |
Actions (login required)
View Item |