PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK BERBASIS COMIC LIFE 3 TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BLITAR

AQUNIA TIARA SANKARADI, 126205202177 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOMIK BERBASIS COMIC LIFE 3 TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Masalah yang sering terjadi sekarang dalam pembelajaran matematika adalah bagaimana mengajar matematika menjadi lebih baik. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses belajar mengajar masih sangat minim sehingga menyebabkan siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang sifatnya ceramah sehingga memengaruhi prestasi belajar siswa yang sebagian besar masih berada dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Mengajar hanya dengan ceramah dan berpegangan dengan buku pelajaran adalah hal biasa, serta cenderung pembelajaran hanya berpusat pada guru. Pemahaman siswa terhadap konsep matematika menjadi salah satu landasan tercapainya motivasi dan prestasi belajar. Untuk itu salah satu alternatif yang mampu mendukung upaya peningkatan motivasi dan prestasi belajar, yaitu dengan menerapkan penggunaan media komik berbasis Comic Life yang digunakan untuk alat komunikasi penyampaian materi kepada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media komik berbasis Comic Life 3 terhadap motivasi belajar. 2) Untuk mengetahui perbandingan rata rata nilai tes prestasi belajar siswa dengan menggunakan media komik berbasis Comic Life 3 dan konvensional. 3) Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media komik berbasis Comic Life 3 terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini yaitu quasi experimental design yang didesain Posstest-Only Control Design. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling. Populasi yang digunakan yaitu siswa MIN 2 Blitar sedangkan sampel yang akan diteliti yaitu kelas III-A kelompok kelas kontrol yang berjumlah 26 siswa dan kelas III-B kelompok kelas eksperimen yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket tertutup motivasi belajar dan tes pretest posstest prestasi belajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (uji independent samples T-Test dan uji Multi Analysis of Variance) dengan bantuan aplikasi SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Media komik berbasis Comic Life 3 memiliki pengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika materi bangun datar pada taraf signifikan sebesar 0,001 < 0,05. 2) pembelajaran konvensional kurang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun. Hal tersebut dibuktikan dengan rata-rata nilai posttest siswa kelas yang menggunakan media komik sebesar 83,93 dan kelas dengan pembelajaran konvensional sebesar 66,73. 3) Ada pengaruh yang signifikan media komik berbasis Comic Life 3 terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Blitar pada taraf signifikan sebesar 0,000.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202177 AQUNIA TIARA SANKARADI
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:51
Last Modified: 27 Aug 2024 08:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50468

Actions (login required)

View Item View Item